5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Selama Wabah Virus Corona

April 11, 2020 | Helmi

anak anak

Kebijakan social distancing dan imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, mengharuskan kita berdiam diri di rumah sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus corona. Meski tetap berada di rumah, kita juga wajib memperhatikan kesehatan, tak terkecuali bagi anak-anak.

Saat ini anak-anak juga harus menghabiskan waktu untuk belajar di rumah. Untuk itu, kesehatannya penting untuk sangat diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kesehatan anak-anak di tengah wabah ini.

Jangan Lewatkan Olahraga

Penting bagi anak-anak untuk tetap aktif secara fisik. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 60 menit aktivitas fisik untuk anak-anak dan remaja setiap hari.

Pendidik fisik dan kesehatan dari The Université du Québec à Montréal menyarankan anak-anak dapat melakukan hal-hal sederhana, menyenangkan, dan kreatif. Kegiatan seperti bermain petak umpet, menari, bermain skateboard, dan bersepeda dapat membuat mereka tetap bugar meski berada di rumah.

Mengobrol dengan Anak Anda

Dengan tenang jelaskan kepada anak-anak Anda tentang tindakan pencegahan yang perlu mereka terapkan untuk menjaga diri dari Covid-19.

Jelaskan tentang aturan 20 detik saat mencuci tangan. Ajari mereka tentang cara batuk dan bersin ke siku mereka. Juga, pastikan anak-anak Anda untuk sementara ini tidak bermain di luar rumah dengan banyak orang yang memiliki risiko terpapar virus corona.

YesDok Ads

Jaga Kekebalan Tubuh

Anak-anak memiliki kekebalan tubuh yang rendah, maka mereka harus berusaha bermain di dalam ruangan sebanyak mungkin. Beri anak-anak Anda makanan yang kaya vitamin C seperti lemon, jeruk, anggur, tomat, dan bayam untuk membangun kekebalan tubuh mereka.

Buat Permainan di dalam Ruangan

Seni, kerajinan tangan, dan melibatkan anak-anak dalam memasak dapat membangkitkan rasa ingin tahu mereka dan membantu mereka belajar lebih baik. Itu juga bisa mengembangkan kemandirian dan motivasi mereka untuk belajar.

Kurangi Penggunaan Gadget

Paparan berlebih pada gadget dapat menyebabkan masalah psikologis. Orang tua harus membatasi penggunaan gadget pada anak. Anda juga bisa coba merencanakan terlebih dahulu jenis konten yang mungkin cocok dikonsumsi anak-anak.

(Foto: Thrifty Momma)

YesDok Ads