0 Point
Makan

5 Tips Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Anda mungkin makan makanan yang sehat dan seimbang, namun ada kemungkinan untuk tidak menyerap semua nutrisi penting dari makanan Anda. Makan dengan benar tidak berarti Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi.

Penyerapan makanan oleh sistem pencernaan memainkan peran yang sama pentingnya di dalamnya. Hanya ketika makanan yang Anda makan dicerna dengan benar, usus besar Anda dapat menyerap nutrisi darinya dan mengedarkannya ke berbagai bagian tubuh untuk digunakan oleh organ-organ. Berikut adalah 5 cara teruji untuk meningkatkan proses pencernaan Anda.

1. Makan makanan hangat

Pastikan makanannya hangat tidak peduli jam berapa Anda menyantapnya. Makanan hangat dan baru dimasak mudah dicerna oleh tubuh. Memiliki makanan dingin atau sesuatu yang langsung keluar dari lemari es dapat memperlambat daya pencernaan.

2. Makanlah ketika lapar

Jangan pernah memaksakan diri untuk makan atau ngemil jika Anda tidak merasa lapar. Usahakan untuk mengikuti jadwal, sehingga otomatis Anda akan merasa lapar di waktu yang sama setiap hari. Juga, jangan mengisi piring Anda dengan semua jenis makanan. Sajikan sesuai dengan tingkat rasa lapar Anda. Langkah ini akan mencegah episode makan berlebihan dan tubuh Anda akan mendapatkan waktu untuk mencerna makanan dengan benar.

3. Kunyah lebih lama

Proses pencernaan dimulai di dalam mulut. Gigi kita memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil sehingga memudahkan enzim pencernaan untuk memecahnya lebih lanjut. Mengunyah yang buruk dikaitkan dengan rendahnya penyerapan nutrisi. Mengunyah juga membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki pencernaan. Jadi pelan-pelan saat makan dan kunyah makanan Anda dengan benar.

4. Hindari makanan yang tidak sesuai

Selain makan dengan benar, Anda juga perlu berhati-hati dalam memasangkan kelompok makanan yang tepat satu sama lain. Makanan yang tidak cocok seperti susu dengan buah atau sayuran, kacang-kacangan dengan telur atau buah juga dapat mengganggu kesehatan pencernaan Anda. Memiliki makanan yang tidak dipasangkan dengan benar dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

5. Cukupi hidrasi

Air memainkan beberapa fungsi dalam tubuh kita dan yang paling umum adalah mencerna makanan. Asupan cairan yang rendah dapat menyebabkan sembelit dan masalah kesehatan lainnya seperti sakit kepala dan batu ginjal. Dehidrasi juga bisa membuat Anda merasa lapar dan bisa membuat Anda makan berlebihan. Jadi, pastikan Anda minum cukup cairan dalam sehari. Itu termasuk air, jus segar dan teh.

(Foto: pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok