5 Tips Mengatasi Sembelit saat Menstruasi

July 20, 2022 | Helmi

sembelit saat menstruasi

Sembelit selama periode menstruasi adalah salah satu gejala yang paling umum yang dirasakan oleh wanita. Sebagian besar wanita yang mengalami menstruasi dilaporkan memiliki pencernaan yang buruk selama siklus mereka. Penyebab utama di balik sembelit saat menstruasi adalah hormon.

Perubahan kadar hormon selama menstruasi mempengaruhi sistem pencernaan. Pada artikel ini, kami  akan membahas cara mudah mengatasi sembelit saat menstruasi.

1. Olahraga

Berolahraga adalah salah satu cara paling efektif dan termudah untuk meningkatkan pencernaan seseorang. Berolahraga membantu memindahkan makanan melalui saluran pencernaan. Berolahraga juga dapat mengurangi kembung. Ini meningkatkan suasana hati yang mungkin terpengaruh karena menstruasi.

2. Hidrasi

Kurangnya air yang cukup dalam makanan seseorang juga dapat menyebabkan atau memperburuk sembelit. Minum air putih dapat membantu menyembuhkan sembelit dan memperbaiki pencernaan. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

3. Hindari pemicu sembelit

YesDok Ads

Sembelit dapat diperburuk dengan makan makanan yang memicu gangguan pencernaan. Jauhi makanan yang biasanya menyebabkan gangguan pencernaan sangat dianjurkan. 

Pastikan juga untuk menghindari minuman berkafein, produk susu, junk food, dan makanan olahan karena diketahui dapat menyebabkan konstipasi.

4. Konsumsi probiotik

Probiotik seperti yogurt, kombucha, kimchi, dan sebagainya adalah tambahan yang bagus jika Anda mengalami pencernaan yang buruk selama menstruasi. Probiotik membantu pencernaan karena meningkatkan kesehatan usus dan bakteri usus kita.

5. Hindari kafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Dehidrasi ini dapat terjadi bahkan setelah mengonsumsi cukup air sepanjang hari. Minuman berkafein juga dapat menyebabkan gerakan usus yang agresif.

Kesimpulannya, perubahan sederhana dan rutin dapat membantu menyembuhkan atau mengurangi sembelit yang disebabkan selama periode menstruasi. Diet sehat dan olahraga membantu mengurangi sembelit serta kembung dan gejala lainnya.

YesDok Ads