5 Teh yang Dapat Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

June 27, 2021 | Iman

Minuman teh

Bangun di pagi hari dan minum teh adalah ritual di setiap rumah sebagian orang. Banyak yang mungkin bertanya-tanya mengapa orang menyukai teh pagi mereka? Bukan hanya karena rasanya, tetapi juga karena beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengannya.

Menyeruput secangkir teh hangat dapat membantu meningkatkan mood dan bahkan meningkatkan umur panjang. Penelitian mengatakan bahwa peminum teh yang terbiasa menikmati hidup lebih lama dengan tahun-tahun yang sehat dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit kronis.

Teh bukan hanya minuman yang menyegarkan tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah 5 teh yang akan membuat Anda tetap sehat.

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut katekin, yang bermanfaat untuk menenangkan peradangan dan mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini juga memecah plak protein yang berpotensi berbahaya, menurunkan risiko pengembangan aterosklerosis yang dapat menyebabkan pembekuan darah sehingga menjadi faktor risiko stroke.

2. Teh chamomile

Teh chamomile adalah minuman kuat yang penuh dengan antioksidan dan sifat antibakteri. Ia dikenal karena efek menenangkannya yang membantu tidur dan meningkatkan kekebalan tubuh. Minuman ini juga membantu menenangkan saraf dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Antioksidan yang ada dalam teh dikenal untuk melawan beberapa jenis kanker.

3. Teh Jahe

Jahe telah digunakan selama bertahun-tahun untuk melawan penyakit dan mengobati penyakit. Teh ini adalah cara yang efektif untuk menenangkan mabuk perjalanan. Teh jahe memiliki senyawa yang disebut gingerol, yang digunakan dalam terapi yang melindungi terhadap penyakit seperti kanker, tekanan darah dan diabetes. 

YesDok Ads

Kombinasi ini adalah alternatif yang baik untuk obat anti-mual bagi mereka yang tidak bisa minum obat ini. Ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan kontrol gula darah di antara orang-orang dengan diabetes tipe 2.

4. Teh Peppermint

Teh peppermint dikenal karena manfaat pencernaannya. Kombinasi ini memiliki senyawa yang disebut mentol yang membantu dalam merilekskan saluran usus dan mengurangi kembung. 

Tentu sarat dengan sifat antibakteri, antioksidan dan antivirus, yang dapat membantu memerangi kanker. Teh ini juga dikenal sebagai pengobatan jangka pendek yang efektif untuk menghilangkan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

5. Teh Hibiscus

Teh hibiscus atau bunga kembang sepatu memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang minum teh ini terus menerus selama 6 minggu, mereka telah mengurangi tekanan darah pada orang dewasa prahipertensi dan hipertensi ringan. 

Minuman ini mengandung antioksidan, anthocyanin, yang mengurangi risiko pengembangan penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads