5 Tanda Tubuh Anda Terlalu Banyak Konsumsi Garam

March 10, 2023 | Helmi

terlalu banyak konsumsi garam

Garam adalah bumbu yang sering digunakan pada banyak jenis masakan. Garam mengandung sekitar 60% klorida dan sekitar 40% natrium. Garam memiliki manfaat di antaranya seperti: membantu mengendurkan dan mengencangkan otot, membantu impuls saraf, dan menyeimbangkan mineral dan air yang kita konsumsi. Walaupun banyak manfaatnya, namun terlalu banyak konsumsi garam juga memiliki risiko.

Tubuh kita hanya membutuhkan sedikit natrium. Kita harus mendapatkan sekitar 1.500 miligram setiap hari. Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Tapi bagaimana Anda tahu jika Anda mengonsumsi terlalu banyak garam?

Tanda Terlalu Banyak Konsumsi Garam

Berikut ini kami telah merangkum 5 tanda tubuh Anda terlalu banyak konsumsi garam:

Kembung

Kembung adalah salah satu efek jangka pendek yang paling umum dari terlalu banyak konsumsi garam. Ini membantu tubuh Anda menahan air, sehingga cairan ekstra menumpuk. Makanan tidak harus terasa asin agar tinggi sodium. Sandwich, pizza, bagel, dan sup kalengan bisa menjadi sumber garam.

Tekanan Darah yang Meningkat

Ada banyak alasan Anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi, tetapi salah satunya bisa jadi karena terlalu banyak natrium. Perubahan tekanan darah terjadi melalui ginjal Anda. Terlalu banyak garam mempersulit mereka untuk membuang cairan yang tidak Anda butuhkan. Akibatnya, tekanan darah Anda naik.

YesDok Ads

Tubuh Menjadi Bengkak

Pembengkakan bisa menjadi tanda terlalu banyak natrium dalam tubuh Anda. Bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, dan pergelangan kaki Anda kemungkinan besar akan membengkak. Jika Anda lebih bengkak dari biasanya, lihat berapa banyak garam yang Anda makan.

Haus Terus Menerus

Jika Anda terus merasa haus padahal sudah banyak minum, bisa jadi itu pertanda Anda terlalu banyak makan garam. Ketika itu terjadi, Anda menjadi dehidrasi. Tubuh Anda menarik air dari sel Anda, dan Anda mungkin mulai merasa sangat haus. Air minum dapat membantu menetralkan garam tersebut dan dapat menyegarkan sel-sel Anda.

Berat Badan Anda Bertambah

Saat Anda menahan air, berat badan Anda mungkin bertambah. Jika berat badan Anda naik dengan cepat selama seminggu atau bahkan beberapa hari, bisa jadi karena Anda terlalu banyak mengonsumsi garam. Jika berat badan Anda bertambah lebih dari 2 kg dalam sehari atau 4 kg dalam seminggu, pikirkan kembali makanan yang Anda makan selama beberapa hari terakhir dan cobalah melakukan perubahan untuk mengurangi garam.

Berikut adalah risiko yang bisa Anda dapatkan jika Anda terlalu banyak konsumsi garam. Simak mengenai informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads