5 Tanda Tubuh Anda Kurang Bergerak

December 20, 2022 | Helmi

tubuh kurang bergerak

Tubuh manusia memang diharuskan untuk secara rutin bergerak. Dengan rutin bergerak, tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. 

Kurang bergerak dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kesehatan dan membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Seperti misalnya obesitas, darah tinggi, diabetes, dan lain sebagainya.

Tetapi kabar baiknya, tubuh Anda akan memberi tanda jika mengalami tubuh kurang bergerak. Sehingga Anda bisa lebih rutin bergerak dan terhindar dari risiko masalah kesehatan. Berikut ini adalah sejumlah tanda tubuh Anda kurang bergerak.

Sembelit

Saat Anda bergerak lebih banyak, usus besar Anda bergerak lebih banyak, dan lebih mudah buang air besar sesuai jadwal. Otot yang sehat di perut dan diafragma Anda juga merupakan kunci untuk memindahkan limbah melalui saluran pencernaan Anda. 

Olahraga yang konsisten dapat membantu Anda buang air tetap teratur, terutama seiring bertambahnya usia.

Sendi Kaku

Sendi yang pegal dan sulit digerakkan terkadang bisa menjadi tanda kondisi peradangan seperti radang sendi atau penyakit autoimun. Tapi persendian juga bisa menjadi kaku saat Anda tidak sering menggunakannya. 

Gunakan dan gerakan mereka agar tidak terkunci dan menyebabkan Anda sakit. Maka dari itu rutinlah bergerak dan berolahraga.

Sering Kehabisan Nafas

Sama seperti otot bisep yang menjadi lebih lemah saat Anda tidak menggunakannya, otot yang membantu paru-paru bergerak masuk dan keluar saat Anda bernapas akan kehilangan kekuatan jika Anda tidak melatihnya secara teratur. 

YesDok Ads

Semakin sedikit aktivitas yang Anda lakukan, semakin terengah-engah, bahkan selama tugas sehari-hari yang tergolong ringan.

Mood yang Kurang Baik

Selain menyebabkan masalah pada fisik, kurang bergerak juga membuat kesehatan mental terganggu. Beberapa tandanya adalah meningkatnya perasaan cemas dan depresi.

Latihan kardio seperti berjalan, bersepeda, berenang, atau berlari akan meningkatkan dan menstabilkan suasana hati Anda, bahkan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Sering lupa

Olahraga teratur memberi tahu tubuh Anda untuk membuat lebih banyak bahan kimia yang disebut faktor pertumbuhan. Mereka meningkatkan produksi pembuluh darah di otak Anda. 

Semakin banyak darah yang masuk ke otak Anda, semakin baik Anda dapat berpikir, mengingat, dan mengambil keputusan.

Metabolisme Anda Lebih Lambat

Orang dengan metabolisme "cepat" mungkin lebih banyak bergerak. Semakin aktif Anda, semakin banyak kalori yang Anda bakar setiap kali Anda bergerak.

Berikut adalah tanda yang dialami jika tubuh kurang bergerak. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.
 

YesDok Ads