5 Tanda Penyakit Lupus yang Perlu Anda Perhatikan

March 24, 2023 | Helmi

tanda penyakit lupus

Lupus adalah penyakit yang menyebabkan gangguan seumur hidup pada sistem kekebalan tubuh. Sel kekebalan menyerang jaringan sehat tubuh sendiri, menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan. Gejalanya mungkin terbatas pada kulit, namun lebih sering lupus juga menyebabkan masalah internal seperti nyeri sendi. 

Tanda Penyakit Lupus

Dalam kasus yang parah, dapat merusak jantung, ginjal, dan organ vital lainnya. Meski tidak ada obatnya, ada perawatan yang bisa meminimalkan kerusakan. Tetapi ada baiknya Anda mengetahui gejala dan tanda penyakit lupus, berikut kami telah merangkum lima di antaranya:

Nyeri sendi

Nyeri sendi dan otot seringkali merupakan tanda pertama lupus. Nyeri ini cenderung terjadi pada kedua sisi tubuh secara bersamaan, terutama pada persendian pergelangan tangan, tangan, jari tangan, dan lutut. 

Sendi mungkin terlihat meradang dan terasa hangat saat disentuh. Namun tidak seperti rheumatoid arthritis, lupus biasanya tidak menyebabkan kerusakan sendi secara permanen.

Ruam kupu-kupu

Tanda-tanda lupus adalah ruam berbentuk kupu-kupu di pipi dan batang hidung. Masalah kulit umum lainnya termasuk kepekaan terhadap matahari dengan bintik-bintik merah bersisik atau bersisik, ruam ungu di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, leher, dan lengan. Beberapa orang juga mengalami sariawan.

YesDok Ads

Perubahan Kuku

Lupus dapat menyebabkan kuku retak atau rontok. Mereka mungkin berubah warna dengan bintik-bintik biru atau kemerahan di pangkalan. 

Bintik-bintik ini sebenarnya ada di dasar kuku, akibat dari pembuluh darah kecil yang meradang. Pembengkakan juga bisa membuat kulit di sekitar pangkal kuku terlihat merah dan bengkak.

Demam dan Kelelahan

Kebanyakan orang dengan lupus mengalami beberapa tingkat kelelahan. Dalam banyak kasus, ini cukup parah hingga mengganggu olahraga dan aktivitas sehari-hari lainnya. Sebagian besar pasien juga mengalami demam ringan dari waktu ke waktu. Demam yang tidak dapat dijelaskan ini mungkin satu-satunya tanda peringatan pada beberapa orang.

Sensitivitas Cahaya

Banyak penderita lupus sangat sensitif terhadap sinar matahari dan bentuk sinar ultraviolet lainnya. Sehari di pantai dapat memicu ruam kulit di area yang terpapar sinar matahari dan dapat memperburuk gejala lupus lainnya. Obat-obatan tertentu dapat membuat penderita lupus lebih sensitif terhadap sinar UV.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads