5 Tanda Kekurangan Vitamin yang Dirasakan Melalui Kulit Anda

December 11, 2021 | Iman

Gusi berdarah

Makan makanan bergizi dan kaya vitamin adalah penting, terutama dalam menjaga tubuh yang sehat. Mengikuti diet ketat dan sehat membantu Anda tetap sehat sepanjang hari dan mencegah hadirnya masalah kesehatan lainnya.

Segala jenis kekurangan vitamin terbukti berbahaya bagi tubuh Anda, membuat Anda kehilangan kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas. Berikut tanda kekurangan vitamin yang dapat diketahui dari masalah kulit..

Jerawat dan kulit kering

Jerawat dan kulit kering bisa menjadi hasil dari berbagai perubahan hormonal. Kondisi ini juga bisa menjadi konsekuensi dari akumulasi kotoran dan kuman. Namun, jika Anda kekurangan vitamin tertentu, perubahan pada kulit Anda bisa menjadi pertanda. Tingkat kekurangan Vitamin A dan E dapat menyebabkan pembentukan jerawat di wajah Anda, sedangkan tingkat kekurangan Vitamin B12 dapat membuat kulit Anda terlihat lebih pucat dari sebelumnya. Karena itu, perhatikan tanda-tanda kelelahan ekstrem, perubahan suasana hati yang terkait.

Mata bengkak dan sembab

Alergi dapat menyebabkan mata Anda membengkak. Namun jika lebih sering dan terjadi setiap bangun tidur di pagi hari, bisa jadi itu pertanda kadar yodium rendah dalam tubuh. Penelitian telah menghubungkan kekurangan yodium dengan penyakit tiroid, yang seringkali dapat menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan tentu saja mata bengkak.

Gusi berdarah

YesDok Ads

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh dan kesehatan kita. Salah satu tanda yang harus diwaspadai adalah gusi berdarah. Gejala lain mungkin termasuk mudah memar, pendarahan dan nyeri sendi dan otot. Untuk meningkatkan kadar Vitamin C dalam tubuh, makanlah banyak buah jeruk seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali.

Bibir pucat

Memiliki bibir yang pucat dan berubah warna bisa menjadi tanda dari banyak penyakit yang mendasarinya. Namun, seringkali itu adalah salah satu gejala anemia yang paling umum, suatu kondisi yang terjadi karena rendahnya kadar sel darah merah dalam tubuh. Rendahnya kadar zat besi dalam tubuh inilah yang menyebabkan kurangnya jumlah sel darah merah, sehingga sulit untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Oleh karena itu dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit dan bibir. Selain itu, kekurangan zat besi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Rambut kering

Jika Anda memiliki rambut yang rusak dan kering, Anda mungkin kekurangan biotin yang juga dikenal sebagai vitamin B7 dalam tubuh Anda. Biotin adalah nutrisi yang membantu menjaga rambut Anda tetap ternutrisi. Tingkat biotin yang rendah menyebabkan rambut kering dan berketombe.

Selain itu, hal itu juga dapat menyebabkan kuku rapuh dan rambut menipis. Oleh karena itu, makanlah makanan yang tinggi vitamin B7 termasuk daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan ikan.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads