5 Sumber Makanan Kaya Lemak Omega-3, Baik untuk Kesehatan Jantung

March 18, 2022 | Helmi

kesehatan jantung

Lemak omega-3 menjadi salah satu zat kaya manfaat. Biasanya manfaat lemak omega-3 untuk kesehatan bisa diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi.

Sejumlah manfaat dari mengkonsumsi lemak omega-3 seperti, meningkatkan kesehatan jantung, dan bermanfaat untuk sel-sel sehat dalam tubuh.

"Omega-3 sangat penting untuk sel-sel sehat, membentuk bagian dari membran yang mengelilingi setiap sel dalam tubuh Anda," kata Karen Ansel, MS, ahli gizi terdaftar.

Para ahli merekomendasikan bahwa per hari: pria dewasa harus mendapatkan sekitar 1,6 gram lemak omega-3. Sementara wanita dewasa harus mendapatkan 1,1 gram lemak omega-3.

Berikut ini adalah 5 makanan yang mengandung lemak omega-3 dan manfaatnya untuk kesehatan Anda.

Salmon

Salmon adalah salah satu sumber lemak omega-3 terbaik yang dapat Anda tambahkan ke dalam makanan Anda. Satu porsi tiga ons salmon mengandung sekitar 1,8 gram lemak omega-3.

Tidak heran jika salmon menjadi salah satu sumber makanan kaya omega-3 yang bagus untuk Anda konsumsi.

Minyak Hati Ikan Cod

Minyak hati ikan cod adalah jenis suplemen minyak ikan yang menawarkan sumber lemak omega-3 yang bagus. Satu sendok teh minyak hati ikan kod mengandung sekitar 0,9 gram asam lemak omega-3.

“Seiring dengan lemak omega-3, minyak ikan cod juga kaya akan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan vitamin D,” kata Julie Stefanski, ahli gizi terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Tapi sementara minyak ikan cod baik untuk kesehatan Anda, penting untuk tidak mengambil terlalu banyak. Untuk orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi sekitar satu sendok makan per hari.

"Anda memaparkan tubuh Anda pada sejumlah vitamin A yang tidak akan Anda temui secara alami," kata Stefanski. 

YesDok Ads

Tubuh Anda menyerap vitamin A yang sudah terbentuk sebelumnya lebih mudah daripada bentuk vitamin A lainnya, jadi lebih mudah untuk secara tidak sengaja mengambil jumlah yang beracun.

Tiram

"Tiram sedikit lebih rendah asam lemak omega-3 daripada salmon, ikan dan sarden, tetapi masih merupakan sumber yang sangat kaya," kata Stefanski. Satu porsi tiram tiga ons mengandung sekitar 0,7 gram lemak omega-3.

Tiram juga menyediakan beberapa nutrisi penting seperti: seng, vitamin B12, dan zinc, bersama dengan banyak protein tanpa lemak.

Kenari

Kenari adalah sumber lemak ALA omega-3 lain yang baik. Satu ons kenari mengandung sekitar 2,6 gram.

Kenari juga kaya akan banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Porsi satu ons yang sama mengandung sekitar dua gram serat, bersama dengan banyak seng, tembaga, dan mangan.

Kedelai

Kedelai menyediakan jenis lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat (ALA) yang ditemukan secara alami pada tumbuhan. Satu porsi 100 gram kedelai mengandung sekitar 1,4 gram asam lemak ALA.

Lemak ALA lebih sulit diserap tubuh daripada lemak omega-3 asam eicosapentaenoic (EPA) lainnya, dan asam docosahexaenoic (DHA), yang ditemukan pada ikan. 

Untuk alasan ini, ikan umumnya merupakan sumber lemak omega-3 yang lebih kuat daripada tumbuhan.

Tetapi jika Anda vegetarian atau tidak makan ikan, kedelai adalah pilihan yang baik untuk menyediakan omega-3, bersama dengan nutrisi lain seperti protein. 

"Produk kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik bagi mereka yang mengikuti pola makan nabati," kata Martin.

YesDok Ads