5 Sumber Makanan Alami Kaya Kandungan Zinc

May 22, 2020 | Helmi

dada ayam

Menjaga sistem kekebalan Anda dan berjalan adalah cara yang bagus untuk mengurangi risiko terinfeksi oleh virus yang mematikan seperti COVID-19. Untuk melakukannya, penting untuk mempraktikkan pola makan sehat setiap hari.

Pola makan yang kaya akan sumber makanan alami seperti buah-buahan, sayuran, makanan laut, dan daging memberi Anda nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan bagi kekebalan tubuh Anda khususnya.

Salah satu nutrisi penting ini adalah zinc. Tidak seperti nutrisi lain, zinc tidak diproduksi secara alami dalam tubuh. Selain penyembuhan luka, sintesis protein dan meningkatkan indera seperti penglihatan, bau dan rasa, zinc telah terbukti mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan mengaktifkan T-limfosit, yang menyerang sel yang terinfeksi.

Ada banyak sumber makanan kaya zinc alami yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Berikut ini adalah makanan alami yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan zinc.

Tiram

Tiram memiliki jumlah zinc paling tinggi dari makanan lainnya. Jenis kerang-kerangan ini bisa memberikan 74 miligram atau 673 persen dari nilai harian Anda.

Ahli diet terdaftar Jess Cording merekomendasikan makan tiram kalengan jika Anda tidak bisa mendapatkannya dari laut karena mereka juga memiliki manfaat yang sama.

Kepiting dan Lobster

Seperti kerang lainnya, kepiting dan lobster kaya akan asam lemak omega-3 dan kaya akan zinc. Sementara kepiting menyediakan 59 persen dari volume zinc harian Anda, lobster menyediakan 31 persen.

YesDok Ads

Menurut Food and Drug Administration (FDA), kepiting dan lobster adalah dua pilihan makanan laut terbaik karena tingkat merkuri yang rendah.

Daging Sapi

Daging sapi, khususnya, mengandung lebih banyak zinc hingga 64 persen dari yang Anda butuhkan. Jika Anda pemakan daging, disarankan untuk memilih daging tanpa lemak karena cenderung lebih rendah kolesterol dan lemak jenuh. Selain mengandung banyak seng, daging tanpa lemak juga kaya protein.

Ayam

Terutama dada ayam, adalah sumber zinc dan protein yang baik. Sementara dada ayam menghasilkan 8 persen kebutuhan zinc bagi tubuh Anda.

Yogurt

Meskipun dikenal karena kandungan kalsiumnya yang tinggi, yogurt juga merupakan sumber zinc yang baik. Satu wadah 8 ons memberikan 15 persen dari nilai harian Anda. 

(Foto: kitchen)

YesDok Ads