0 Point
5 Sumber Karbohidrat Untuk MPASI

5 Sumber Karbohidrat Untuk MPASI

Bayi membutuhkan asupan nutrisi dan gizi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Pada awal kehidupannya, bayi hanya membutuhkan ASI eksklusif selama enam bulan dan disarankan untuk diberikan hingga dua tahun. Setelah menginjak usia enam bulan, bayi diperbolehkan untuk mendapatkan Makanan Pendukung ASI (MPASI). MPASI termasuk momen yang mendebarkan bagi ibu baru yang pertama kali memiliki buah hati.

Mungkin diantara Anda akan timbul pertanyaan, apa saja menu MPASI yang baik untuk si kecil? MPASI harus mengandung apa saja agar kebutuhan nutrisi serat gizinya terpenuhi? Menu MPASI disarankan mengandung nutrisi yang tidak lagi dipenuhi oleh ASI. Salah satunya adalah karbohidrat. Berikut ini adalah sumber karbohidrat yang baik untuk menu MPASI si kecil:

Kentang

Kentang kerap kali menjadi alternatif saat si kecil susah makan nasi. Bila si kecil lebih menyukai kentang, Anda Tidak perlu khawatir. Karena kentang juga salah satu pilihan makanan yang menjadi sumber karbohidrat. Kentang juga mengandung protein, serat, vitamin C, B6, magnesium, mineral dan asam folat. Dalam 150 gr kentang terdapat sekitar 30-35 gr karbohidrat. Untuk MPASI si kecil, Anda dapat mengubahnya menjadi puree, perkedel, kentang kukus hingga sebagai pelengkap pada sop.

Ubi

Ubi bisa dijadikan sebagai menu pilihan sumber karbohidrat. Dalam 200 gr ubi terkandung 40 gr karbohidrat. Perlu diketahui juga ubi mengandung serat, protein, vitamin c dan vitamin A. cara mengolahnya pun gampang, sama seperti kentang, ubi dapat dibuat puree, ubi kukus atau kolak.

Beras putih

Beras putih diolah menjadi nasi dan sumber karbohidrat ini merupakan yang paling umum dikonsumsi sehari-hari, baik oleh anak-anak hingga orang dewasa. Beras putih mengandung karbohidrat yang kompleks. Dalam 186 gr beras putih mengandung 53 gr karbohidrat. Selain karbohidrat, nasi putih juga mengandung serat, protein dan lemak. Jika Anda ingin memberikan nasi, sangat dianjurkan untuk memberikan beras putih ketimbang nasi merah. Karena beras merah lebih banyak mengandung serat dan si kecil tidak membutuhkan serat dalam jumlah yang banyak.

Pasta

Mungkin banyak orang tua yang tidak memberikan pasta pada menu MPASI. Padahal memberikan pasta pada si kecil saat MPASI diperbolehkan. Justru pasta mengandung karbohidrat yang baik. Dalam 150 gr pasta seperti spaghetti yang sudah matang mengandung sekitar 45 gr karbohidrat. Apalagi pasta dapat diolah menjadi menu enak yang dapat menggugah selera makannya.

Jagung

Jagung mengandung banyak vitamin dan mineral seperti protein, lemak, serat, asam folat dan kalium. Jagung juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh si kecil. sehingga Anda tidak boleh melewatkan kebaikan jagung dalam menu MPASI si kecil. dalam 200 gr jagung mengandung sekitar 50 gr karbohidrat. 

(Foto: very well family)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok