5 Rekomendasi Makanan Sahur yang Sehat dan Bergizi

April 14, 2021 | Helmi

makanan sahur

Umat Islam kembali menjalankan ibadah ramadhan. Di momen ini umat islam akan berpuasa dan membatasi asupan makanan dari awal terbit matahari hingga terbenam matahari.

Maka dari itu, makanan yang harus mampu menyediakan semua nutrisi penting sehingga seseorang dapat menjalani hari dengan lancar.

Nutrisi penting ini akan memberi tubuh manusia cukup stamina untuk membuat Anda memiliki tenaga untuk beraktivitas sepanjang hari. Jadi, penting untuk membuat pilihan yang tepat ketika makan sahur. 

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk sahur yang akan membantu tetap terhidrasi dan berenergi sepanjang hari:

Telur

Telur mengandung banyak protein. Mereka kaya vitamin dan nutrisi. Makan telur akan membuat Anda merasa kenyang. Apalagi telur mudah diolah dan dapat dikreasikan serta disajikan dengan berbagai cara.

Oatmeal

Makanan kaya protein tidak hanya memiliki satu tetapi banyak manfaat. Makanan kaya protein ini memberi Anda banyak energi. 

Oatmeal adalah sumber protein dan karbohidrat yang menggugah selera. Anda bisa membuat smoothie oatmeal yang terdiri dari pisang dan susu untuk menambahkan cita rasanya.

YesDok Ads

Ikan / Ayam

Ikan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas. Usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena bisa menyebabkan kembung. Selain itu kondisi ini bisa membuat Anda lebih haus. 

Penting untuk menghindari makanan yang berpotensi membuat Anda haus di kemudian hari. Ayam memiliki nutrisi penghasil energi dan protein yang akan memudahkan seseorang tetap bertenaga sepanjang hari.

Buah dan Sayuran

Mereka kaya akan mineral dan vitamin yang membantu seseorang merasa berenergi. Selain itu, selain hanya minum air, seseorang perlu makan buah-buahan dan sayuran yang akan membantu mereka tetap terhidrasi. 

Beberapa contohnya adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, ketimun, selada, bayam, dan seledri. Anda bisa membuat salad yang akan menyatukan beberapa buah dan sayuran. 

Kacang

Kacang adalah salah satu pilihan makanan sahur yang sehat dan bermanfaat. Anda juga bisa memilih selai almond dan selai kacang yang akan memberi Anda energi sekaligus membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

 

YesDok Ads