5 Rahasia yang Membuat Anda Lebih Mudah Tidur

January 23, 2021 | Claudia

Tidur

Apakah Anda kerap kesulitan tidur di malam hari? Kurang tidur menjadi masalah banyak orang akhir-akhir ini. Padahal usai melakukan aktivitas yang padat, tidur merupakan waktu yang penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran yang kelelahan. Tidur dapat mengisi ulang energi yang hilang sehingga Anda siap untuk beraktivitas keesokan paginya.

Sayangnya, bagi sebagian orang, tidur bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, segera mencari solusi untuk mengatasi hal ini adalah hal yang penting. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk lebih cepat tidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari:

Mandi air panas

Saat Anda mandi air panas, suhu tubuh akan naik. Mekanisme tubuh untuk mengembalikan ke suhu normal akan membuat Anda lebih relaks dan nyaman, sehingga Anda bisa lebih mudah tidur setelahnya. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air mandi Anda, untuk membuat Anda menjadi lebih relaks.

Jauhkan diri Anda dari gawai

Matikan ponsel, televisi, dan laptop atau komputer Anda jika ingin tidur nyenyak malam ini. Cahaya yang dikeluarkan oleh gawai dapat membingungkan otak Anda, sehingga berpikir bahwa Anda masih berada di siang hari. Ini membuat Anda tetap waspada, sehingga sulit bagi Anda untuk memejamkan mata dan tertidur. Lama-kelamaan, ini bisa mengganggu waktu tidur dan pola tidur Anda.

Jangan minum kopi

Saat sudah malam, hindari diri Anda dari menyesap secangkir kopi hangat atau segelas es kopi. Kafein akan membuat Anda tetap waspada dan terjaga, sehingga Anda akan kesulitan untuk tidur. Jika Anda ingin meminum sesuatu yang hangat sebelum tidur, pilihlah segelas susu hangat atau air hangat yang dapat membantu Anda lebih relaks untuk tertidur.

Pakai kaus kaki

Kaus kaki akan membantu menjaga kaki tetap hangat di malam hari, sehingga membuat Anda lebih nyaman untuk tidur.

Jangan makan berat

Makan berat sebaiknya dihentikan di malam hari. Ini dapat menghindarkan Anda dari kondisi seperti refluks asam dan mulas yang bisa menghambat tidur.

YesDok Ads