0 Point
makanan depresi

5 Pilihan Makanan untuk Redakan Kecemasan dan Depresi

Kecemasan dan depresi menjadi hal yang jamak terjadi belakangan ini. Kondisi ini merupakan salah satu masalah kesehatan mental.

Jika Anda mengalami hal ini, tentunya Anda membutuhkan berbagai cara agar kecemasan dan depresi tidak terus menerus menghantui Anda.

Salah satu cara yang bisa dilakukan menurut para ahli adalah dengan memperbaiki pola makan. Perubahan dalam pola makan Anda memiliki kekuatan untuk mengubah kesehatan mental Anda. 

Dengan mengganti junk food dengan makanan yang mengandung nutrisi peningkat otak, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak Anda secara keseluruhan. 

Berikut ini pilihan makanan yang bisa dikonsumsi untuk Anda yang mengalami masalah kecemasan dan depresi.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun memberi hasil maksimal untuk nutrisi terhadap kalori. Bayam, kangkung, sawi, bit hijau, dan lobak semuanya bagus untuk serat.

Kandungan vitamin C dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas pada sel otak. Sementara vitamin A terkait dengan kemampuan otak untuk tumbuh dan beradaptasi; dan folat membantu mendukung pembentukan sel-sel baru.

Buah dan Sayuran Berbagai Warna

Makan buah dan sayuran dengan berbagai warna adalah cara cerdas untuk mendapatkan berbagai nutrisi penting, ditambah serat agar bakteri baik di usus Anda berkembang. 

Nutrisi dalam produk ungu seperti terong dan blueberry, misalnya, memiliki sifat anti-inflamasi yang luar biasa. Kemudian ada buah jeruk yang memiliki karotenoid untuk vitamin A.

Seafood

Seafood membantu Anda mendapatkan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan otak Anda untuk merangsang faktor pertumbuhan saraf dan meredam peradangan. 

Ini juga memberikan mineral seperti seng, yodium, dan selenium. Sementara untuk kerang bisa memberikan asupan B12 yang cukup.

Kacang dan Biji-bijian

Ini kaya nutrisi untuk otak, termasuk serat yang membantu mengatur pensinyalan dan zat besi, penting dalam membangun protein dalam sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen dari paru-paru ke otak. 

Mereka menawarkan perpaduan yang bagus antara lemak dan protein sehat.

Telur dan Produk Susu

Telur memiliki protein dan Vitamin B, yang membantu mengatur bahan kimia otak dan kolin, yang dikaitkan dengan kemampuan menurunkan gejala kecemasan. 

Produk susu fermentasi seperti yogurt dan kefir juga penuh dengan manfaat dari bakteri baik.

(Foto: Harvard Health)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok