0 Point
usus

5 Pertanda Usus Anda Tidak Sehat

Usus yang sehat memainkan peran penting dalam keseluruhan fungsi tubuh manusia. Diet yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesehatan usus Anda dan menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan. 

Faktor gaya hidup, seperti tingkat stres yang tinggi, kurang tidur atau aktivitas fisik yang kurang  juga dapat memperburuk kesehatan usus Anda.

Ketika usus Anda tidak bekerja dengan baik, ada beberapa gejala umum yang mungkin ditunjukkan oleh tubuh Anda. Ahli gizi Lovneet Batra membagikan apa saja gejala tersebut.

"Usus juga dikenal sebagai sistem gastrointestinal sangat penting untuk hampir setiap sistem dan fungsi tubuh untuk beroperasi pada kinerja yang optimal." Berikut adalah beberapa tanda usus tidak sehat yang perlu Anda waspadai.

Sakit perut

Gas, kembung, sembelit, diare dan mulas adalah tanda-tanda usus yang tidak sehat. Jadi, jika Anda mengalami ini, Anda tidak boleh mengabaikan ini dan mengatasi masalah ini.

Bau mulut

"Ketidakseimbangan usus memungkinkan jenis bakteri H. pylori tertentu untuk tinggal di saluran pencernaan Anda. Bakteri ini adalah akar dari banyak sakit maag, dan bau mulut," kata ahli gizi tersebut.

Jerawat dan iritasi kulit

Beberapa gejala usus yang tidak sehat juga terlihat pada kulit Anda. Mikrobioma yang tidak seimbang meningkatkan sensitivitas kulit Anda sehingga lebih rentan terhadap masalah seperti eksim, dermatitis, jerawat, dan psoriasis.

Gangguan tidur

Usus yang tidak sehat dapat mengganggu siklus tidur Anda dan menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia. 

Serotonin adalah hormon yang diproduksi di usus yang mempengaruhi suasana hati dan tidur Anda, sehingga kerusakan usus dapat mengganggu kemampuan untuk tidur nyenyak. 

Jadwal tidur yang tidak memadai dapat menyebabkan kelelahan kronis, sehingga sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jadwal tidur yang buruk juga dapat membuat ketidakseimbangan hormon.

Intoleransi makanan

Intoleransi makanan adalah hasil dari kesulitan mencerna makanan tertentu yang tidak sesuai dengan tubuh Anda. Beberapa intoleransi makanan adalah akibat dari kualitas bakteri yang buruk di usus.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok