Sexuality
Adult
+1

5 Penyebab Testis Terasa Gatal

October 02, 2020 | Claudia

Testis

Gatal merupakan kondisi yang bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk testis. Bagi pria, testis yang terasa gatal jelas membuat ketidaknyamanan, apalagi hal ini terjadi di tempat umum atau di depan banyak orang. Menggaruk testis yang gatal hanya akan mendatangkan rasa malu dan biasanya juga lebih memperparah rasa gatal.

Meski begitu, umumnya kondisi testis yang gatal tidak berbahaya dan mudah diobati. Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu, apa yang membuat testis Anda terasa gatal.

Berikut beberapa penyebab testis terasa gatal:

1. Jock itch

Jock itch atau yang juga dikenal sebagai tinea cruris, adalah salah satu penyebab gatal di testis yang paling umum.

Jock itch adalah infeksi jamur yang terjadi di area tubuh yang lembap, sering kali di dekat atau di lipatan kulit. Jock itch bisa muncul di kaki atau alat kelamin, termasuk testis. Jock itch sering muncul sebagai ruam kemerahan. Namun, tampilan pastinya tergantung pada jenis jamur yang menyebabkan infeksi.

Ketika seseorang mengalami infeksi jamur pada alat kelaminnya, mereka mungkin akan mengalami ruam yang sangat gatal, kulit menjadi lebih lembap, dan keluarnya cairan berwarna putih di dekat lipatan kulit. Akan tetapi, infeksi jamur lain juga bisa menyebabkan kulit tampak kering dan bersisik.

2. Gesekan

Gesekan yang terjadi secara terus menerus pada area kulit akan menyebabkan rasa gatal, termasuk gesekan pada testis. Gesekan ini bisa terjadi saat seseorang melakukan aktivitas fisik, seperti berlari atau bersepeda.

Gesekan di antara kaki meninggalkan peradangan. Ruam yang muncul seringkali terasa gatal dan menyebabkan ketidaknyamanan pada seseorang.

YesDok Ads

3. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan reaksi alergi. Dermatitis kontak biasa terjadi ketika kulit bersentuhan dengan zat baru, termasuk sabun mandi yang baru, deterjen baru, atau kain baru.

Dermatitis kontak menyebabkan ruam merah dan gatal yang dapat mengeluarkan cairan putih atau kuning. Ruam yang sama kemungkinan akan terjadi di area lain pada tubuh, termasuk di testis. Kulit testis yang cenderung lebih tipis membuatnya terasa sangat gatal dan tidak nyaman.

4. Kutil kelamin

Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual (IMS) yang menyebabkan reaksi gatal pada testis dan area lain dari alat kelamin.

Kutil kelamin berhubungan dengan human papillomavirus (HPV), dan meskipun dapat dihilangkan, kutil dapat kembali muncul, karena umumnya virus tidak dapat disembuhkan.Kutil kelamin bisa terasa sangat gatal, tetapi umumnya hanya memiliki bentuk serupa benjolan kecil.

5. Herpes

Herpes juga merupakan IMS yang menyebabkan munculnya ruam gatal di kulit. Setelah sekitar satu hari, ruam mulai menyatu atau menjadi lepuhan pada kulit. Lepuh herpes yang pecah, akan menyebabkan luka yang terasa gatal dan menyakitkan.

(Foto: walkin-clinic.co.uk)

YesDok Ads