0 Point
Nyeri Payudara Pria

5 Penyebab Nyeri Payudara pada Pria

Nyeri payudara pada pria dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari ketegangan otot hingga kista. Beberapa penyebab mungkin memerlukan perhatian medis dan pengobatan yang tepat.

Sebagian besar penyebab nyeri payudara pada pria adalah akibat masalah ada jaringan payudara. Masalah-masalah ini biasanya dapat diobati, dan beberapa bahkan bisa hilang dengan sendirinya.

Berikut ini merupakan beberapa kondisi umum yang menyebabkan nyeri payudara pada pria:

Ginekomastia

Ginekomastia adalah suatu kondisi yang menyebabkan pertumbuhan abnormal dan pembengkakan pada payudara laki-laki dari segala usia. Perubahan bentuk atau ukuran dapat bervariasi, dan juga bisa menimbulkan rasa sakit.

Ginekomastia dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, di mana hormon estrogen meningkat, dan testosteron menurun. Obesitas dan penuaan merupakan kemungkinan penyebab lain dari kondisi ini.

Kista

Sebuah kista adalah benjolan di bawah kulit yang berisi cairan atau udara. Kista biasanya tidak berbahaya, namun bisa menimbulkan rasa sakit. Kista pada payudara merupakan salah satu penyebab munculnya nyeri di payudara pria.

Ketegangan otot

Pectoralis mayor dan minor adalah dua otot utama yang membentuk dada. Melakukan latihan dada dengan beban atau memberi tekanan berlebih pada otot dapat menyebabkan ketegangan dan nyeri pada payudara pria.

Nekrosis lemak payudara

Nekrosis lemak terjadi di mana jaringan lemak menjadi rusak. Pembedahan pada payudara atau biopsi terkadang dapat menyebabkan kerusakan ini. Nekrosis lemak payudara dapat menghasilkan benjolan, namun tidak bersifat kanker.

Kanker payudara

Meskipun ini kasus yang langka dan jarang terjadi, namun tetap saja kanker payudara bisa terjadi pada pria. Kanker payudara menyebabkan tumor tumbuh di payudara atau ketiak, yang bisa menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada area tersebut.

(Foto: steadyhealth.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok