5 Penyebab Kentut Berbau

March 09, 2022 | Helmi

ilustrasi bau

Kentut sepenuhnya merupakan hal yang normal. Menurut ahli, kebanyakan orang mengeluarkan gas kentut sekitar 5-15 kali sehari.

"Sebagian besar bebas bau dan tidak terdeteksi," kata Heather Moday, MD, pendiri Moday Center, sebuah praktik kedokteran.

Gas termasuk hidrogen, hidrogen sulfida, karbon dioksida, amonia, dan metana secara alami diproduksi selama pencernaan, karena bakteri di usus memecah makanan.

"Ketika semua gas gabungan ini dilewatkan melalui sistem, mereka terkadang keluar dengan bau yang tidak sedap," kata Abhijeet Waghray, MD, ahli gastroenterologi dari Vanguard Gastroenterology.

Berikut ini adalah hal-hal yang mungkin menyebabkan kentut Anda berbau.

Diet

Pola makan dan kebiasaan makan adalah penyebab paling umum dari bau kentut. Makan dengan cepat dapat menyebabkan Anda menelan lebih banyak udara dalam makanan Anda, yang menyebabkan lebih banyak gas di saluran pencernaan. 

“Itu berpotensi menimbulkan bau kentut, kata David Prologo, MD, spesialis dan penulis pengobatan mengenai obesitas.

Jenis makanan tertentu juga menyebabkan kentut lebih bau. Yang utama di antara mereka adalah makanan yang kaya serat, seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan. 

Ketika bakteri usus Anda memecah serat, mereka melepaskan gas termasuk hidrogen, karbon dioksida, dan metana yang dapat menyebabkan kentut bau.

Makanan yang kaya akan belerang, termasuk bawang merah, brokoli, dan kubis juga dapat menyebabkan gas yang berbau. Saat makanan ini dicerna, senyawa belerang dilepaskan menyebabkan gas yang berbau belerang, atau seperti telur busuk.

Intoleransi makanan

YesDok Ads

Makanan tertentu sulit untuk dipecah oleh saluran pencernaan yang menyebabkan intoleransi makanan. 

Salah satunya adalah intoleransi laktosa, yang terjadi ketika tubuh seseorang tidak membuat cukup enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa, jenis gula yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya.

"Ini bisa membuat kentut lebih buruk," kata Moday, karena laktosa yang tidak tercerna berada di usus dan dipecah oleh bakteri, yang melepaskan gas.

Sembelit

Sembelit menjadi salah satu penyebab kentut Anda berbau tidak sedap. Jadi jika Anda sedang sembelit, jangan heran jika kentut Anda sangat berbau.

“Kotoran terutama serat, yang tidak dapat dicerna manusia. Ketika tinja tinggal di usus besar lebih lama dari biasanya 36 jam atau lebih, bakteri terus memecah serat, melepaskan gas,” kata Moday.

Obat-obatan

Jika Anda memulai pengobatan baru dan tiba-tiba merasakan kentut yang lebih harum, obat-obatan Anda mungkin yang jadi penyebabnya.

Banyak obat-obatan dan suplemen dapat mempengaruhi bagaimana makanan bergerak melalui saluran pencernaan Anda, yang dapat menyebabkan kentut bau. “Yang lain memiliki bahan pengisi atau gula alkohol yang sulit dicerna,” kata Moday.

Kondisi medis

Menemukan penyebab kentut bau bisa jadi sulit. Jika Anda belum melakukan perubahan besar pada diet atau pengobatan, tetapi Anda masih mengalami gas yang yang tidak biasa, yang terbaik adalah mencari bantuan medis.

"Ada beberapa kasus di mana gas berbau busuk juga dapat mengindikasikan infeksi usus atau kondisi pencernaan yang mendasarinya," kata Waghray.

YesDok Ads