5 Penyebab Buang Air Kecil Tidak Tuntas

October 27, 2022 | Claudia

Buang Air Kecil Tidak Tuntas

Apakah Anda pernah merasa buang air kecil yang tidak tuntas? Ini bisa jadi sangat membuat tidak nyaman, karena Anda jadi harus bolak-balik ke toilet untuk benar-benar menuntaskan buang air kecil Anda. Tapi, apa penyebab buang air kecil tidak tuntas ini?

Buang air kecil tidak tuntas menyebabkan seseorang ingin buang air kecil lagi meski sesaat sebelumnya sudah buang air. Ini akibat masih ada urine yang tersisa di kandung kemih karena proses pengosongan urine di dalam kandung kemih tidak tuntas saat buang air kecil.

Ada beberapa gejala yang mungkin timbul saat Anda buang air kecil tidak tuntas, seperti rasa ingin buang air kecil yang muncul terus-menerus, nyeri saat berkemih, aliran urine yang lemak, terlalu sering buang air kecil.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan buang air kecil tidak tuntas, seperti:

Infeksi saluran kemih

Infeksi merupakan salah satu penyebab buang air kecil tidak tuntas, baik itu infeksi saluran kemih atau infeksi prostat pada pria berusia lanjut. Tak hanya itu, infeksi menular seksual seperti gonore juga bisa menyebabkan buang air kecil tidak tuntas dan terasa perih.

Gangguan kandung kemih

Adanya permasalahan pada kandung kemih seperti retensi urine, melemahnya otot kandung kemih, atau keberadaan tumor atau kanker, bisa menghalangi saluran kemih, sehingga menyebabkan berbagai keluhan seperti buang air kecil tidak tuntas.

Kerusakan saraf

YesDok Ads

Saraf di otak dan sistem saluran kemih mengatur bagaimana proses manusia dalam berkemih. Namun, gangguan atau kerusakan pada saraf-saraf ini, bisa menyebabkan buang air kecil tidak tuntas. Stroke, diabetes, dan cedera saraf tulang belakang merupakan beberapa contoh gangguan pada saraf yang menyebabkan buang air kecil tidak tuntas.

Pembesaran kelenjar prostat

Pembesaran kelenjar prostat jinak atau benign prostatic hyperplasia merupakan salah satu gangguan pada prostat yang terjadi pada pria usia lanjut.

Buang air kecil tidak tuntas bisa terjadi akibat pembesaran kelenjar prostat yang bisa menekan saluran kemih. Saat hal ini terjadi, aliran urine yang keluar menjadi kurang lancar.

Tak hanya pembesaran kelenjar prostat, pembesaran prostat akibat infeksi atau bahkan kanker prostat juga bisa menyebabkan buang air kecil tidak tuntas.

Masalah psikologis

Saat buang air kecil di tempat umum, beberapa orang mungkin merasa kurang nyaman, baik karena toilet kotor, atau ada antrean panjang sehingga buang air kecil menjadi terburu-buru dan tidak tuntas.

(Foto: pelvichealing.com)

YesDok Ads