5 Nutrisi yang Dapat Meningkatkan Fungsi Tiroid

January 16, 2023 | Helmi

fungsi tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher dan merupakan bagian penting dari tubuh manusia. Ini mengeluarkan hormon yang pada gilirannya, membantu menjaga fungsi otak, jantung, otot, dan organ lainnya. 

Jika ada yang salah dengan fungsinya, itu dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan tiroid. 

"Diet seimbang penting untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid yang sehat. Meskipun yodium ada di daftar teratas, itu bukan satu-satunya mikronutrien yang memengaruhi kelenjar tiroid," tulis ahli gizi, Lovneet Batra. 

Batra membagikan informasi mengenai sejumlah nutrisi penting yang akan membantu meningkatkan fungsi tiroid dalam tubuh Anda.

Yodium

Yodium sangat penting untuk fungsi tiroid karena mendukung produksi hormon tiroid. Batra menjelaskan, "triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4) adalah hormon tiroid yang mengandung yodium, dan kekurangan yodium menyebabkan penyakit tiroid."

Vitamin D

Kita sudah sering mendengar pakar kesehatan menganjurkan asupan vitamin yang tepat. Adapun Vitamin D, itu mempengaruhi kelenjar tiroid. Tingkat yang lebih rendah dari vitamin ini menyebabkan tiroiditis Hashimoto dan penyakit Grave.

YesDok Ads

Selenium

Menurut ahli gizi Lovneet Batra, selenium adalah "mineral yang dibutuhkan untuk produksi hormon tiroid, membantu melindungi tiroid dari kemungkinan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif."

Seng

Mineral lain yang dibutuhkan untuk berfungsinya kelenjar tiroid adalah seng, karena meningkatkan produksi hormon tiroid. Seng juga bertanggung jawab untuk menjaga kadar T3, T4 serum yang tepat, serta hormon perangsang tiroid (TSH).

Zat Besi

Lovneet Batra menyebutkan bahwa kelenjar tiroid membutuhkan zat besi "untuk mengubah T4 menjadi T3", yang merupakan bentuk aktif dari hormon tiroid. Selain itu, kekurangan zat besi juga terkait dengan disfungsi tiroid.

Vitamin B, Zinc, dan Vitamin A dan E adalah beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan untuk fungsi kelenjar tiroid yang optimal. Kekurangan satu atau lebih nutrisi dapat mempengaruhi kesehatan tiroid secara negatif dan selanjutnya meningkatkan risiko penyakit tiroid.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads