5 Mitos Terkait Pola Makan untuk Penderita Diabetes

October 12, 2021 | Helmi

diet diabetes

Mengatur pola makan dan jenis makanan apa yang Anda makan sangat penting untuk penderita diabetes. Tujuan utama dari diet harus mengelola kadar gula darah Anda. 

Terkadang sulit untuk menentukan apa yang harus dimakan dan dihindari saat menderita diabetes. Makanan yang Anda makan, waktu makan dan ukuran porsi memiliki dampak yang kuat pada kadar gula darah Anda. 

Ada beberapa mitos seputar diet diabetes yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. Ini juga dapat membuat penderita diabetes menghindari beberapa makanan yang dapat mereka makan dengan aman dalam jumlah sedang. 

Baru-baru ini, ahli gizi Lovneet Batra juga membongkar beberapa mitos tentang diet untuk penderita diabetes. 

"Diabetes sangat umum, namun, masih banyak kesalahpahaman tentang penyebab, pengobatan dan bagaimana hidup dengan diabetes mempengaruhi rutinitas sehari-hari Anda,” ujar Batra.

Berikut ini adalah sejumlah mitos terkait diet untuk penderita diabetes

Penderita diabetes tidak boleh makan karbohidrat

Secara umum diyakini bahwa penderita diabetes tidak bisa makan karbohidrat. Batra mengungkapkan, "Karbohidrat bukanlah musuh Anda. Bukan karbohidrat itu sendiri, tetapi jenis karbohidrat dan jumlah karbohidrat yang Anda makan dan waktunya penting untuk dipertimbangkan bagi mereka yang menderita diabetes." 

Anda dapat menghindari makanan tinggi karbohidrat, terutama yang olahan seperti pasta, roti putih, sereal dan banyak lagi.

Penderita diabetes dapat memiliki lemak sebanyak yang mereka inginkan

YesDok Ads

Lemak harus menjadi bagian penting dari diet Anda, tetapi Anda harus memilih lemak sehat. Menurut ahli gizi, makan banyak makanan tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol tidak sehat dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Memilih pemanis buatan adalah pilihan yang lebih aman

Banyak pemanis buatan yang khusus ditujukan untuk penderita diabetes. Tetapi kenyataannya adalah pemanis buatan dapat memperburuk resistensi insulin. 

Lebih lanjut Batra menjelaskan bahwa label 'bebas gula' tidak membuatnya lebih baik dan mungkin masih mengandung banyak bahan yang tidak diinginkan termasuk bahan kimia berbahaya.

Jika Anda sedang dalam pengobatan, Anda bisa makan yang manis-manis

"Minum obat diabetes bukan berarti Anda bisa makan manisan yang diinginkan," jelas Batra. Penting bagi penderita diabetes untuk makan makanan yang kaya nutrisi bersama dengan obat-obatan. 

Ini akan membantu dalam mengendalikan kadar gula darah serta dapat membantu mengendalikan risiko komplikasi yang terkait dengan diabetes.

Buah-buahan buruk bagi penderita diabetes

Karena buah-buahan sarat dengan gula alami, penderita diabetes percaya bahwa mereka tidak bisa makan buah. Padahal, buah-buahan sarat dengan nutrisi penting dan dapat dikonsumsi dengan aman dalam jumlah sedang. Pastikan juga makan buah utuh, bukan jus.

Jangan terkecoh dengan mitos diabetes ini. Bicaralah dengan ahli gizi atau dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang apa yang harus Anda makan.

YesDok Ads