5 Mitos Kanker Kulit yang Wajib Diketahui

October 22, 2022 | Aqiyu

5 Mitos Kanker Kulit yang Wajib Diketahui

Kanker kulit merupakan penyakit dimana terjadinya pertumbuhan sel-sel kulit yang abnormal yang tidak terkendali. Kanker kulit sebenarnya banyak jenisnya dan dapat menyebabkan kematian seperti kanker lainnya. Untuk itu, Anda tetap harus waspada dan tidak boleh meremehkan kanker kulit. Namun, ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat mengenai kanker kulit.

Berikut ini 5 mitos tentang kanker kulit yang wajib diketahui agar tidak salah kaprah seperti dilansir dari Perdoski:

Mitos: Kanker Kulit bukan penyakit yang mengancam nyawa

Fakta: Banyak jenis kanker kulit yang mengintai siapapun, salah satunya adalah melanoma. Melanoma merupakan kanker kulit yang paling berbahaya dan mematikan. Jenis kanker kulit ini tergolong agresif dan rentan menyerang organ tubuh lainnya seperti paru-paru, kelenjar getah bening, otak dan lainnya. Melanoma harus segera mendapatkan pertolongan agar tidak mengancam nyawa.

Mitos: Orang dengan kulit gelap tidak berisiko terkena kanker kulit

Fakta: berbagai penelitian memang menyebutkan bahwa orang berkulit putih lebih rentan terkena kanker kulit. Namun bukan berarti orang berkulit gelap tidak berisiko terkena kanker kulit. Orang berkulit gelap tetap berisiko terkena kanker kulit meski rendah, apalagi bagi mereka yangs erring melakukan aktivotas diluar ruangan dan sering terpapar sinar matahari.

Mitos: Tanda lahir pada kulit tidak berbahaya

YesDok Ads

Fakta: Tidak semua tanda lahir aman, ada pula tanda lahir yang mengindikasikan tumor atau kanker kulit. Contohnya pada tanda lahir seperti bekas kopi pada kulit namun dalam jumlah yang banyak. Bisa jadi hal tersebut menjadi tanda awal dari neurofibromatosis. Selain itu, ada pula tahi lalat berbentuk asimetri, tidak beraturan dan membesar dalam waktu yang cepat serta warna yang tidak merata juga merupakan salah satu tanda melanoma.

Mitos: Berada di dalam ruangan terus menerus dapat mengurangi risiko kanker kulit

Fakta: Nyatanya, selama apapun Anda berada dalam ruangan risiko kanker kulit tetap mengintai Anda. Hal ini terjadi karena sinar matahari dapat menembus ruangan apalagi ruangan yang terdapat banyak kaca. Untuk itu, Anda tetap disarankan menggunakan sunscreen saat berada diruangan.

Mitos: Kulit aman dari kanker kulit jika menggunakan sunscreen

Fakta: Menggunakan sunscreen dapat membantu Anda mengurangi risiko kanker kulit. Karena kandungan sunscreen dapat mencegah pembentukan melanin pada kulit. Namun, Anda harus mengaplikasikan sunscreen dengan benar agar dapat berfungsi dengan baik dalam melindungi kulit. Caranya, oleskan sunscreen pada kulit minimal 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Anda juga bisa mengulangi mengoles sunscreen setiap 2-3 jam sekali.

(Foto: mediafocus)

YesDok Ads