5 Minyak Esensial yang Bantu Kurangi Dengkuran

March 18, 2021 | Claudia

Mendengkur

Tidur sering disepelekan. Padahal tidur yang cukup sangat penting, karena saat tidur, tubuh kita beristirahat dan mengisi ulang energi yang hilang saat beraktivitas. Sayangnya, banyak juga orang-orang yang mengalami gangguan tidur, sehingga mereka tidak mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi gangguan tidur dan kembali pada waktu tidur yang normal adalah dengan memanfaatkan minyak esensial. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak esensial juga bisa membantu mengobati kebiasaan mendengkur yang tak jarang juga menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea. 

Sebuah uji klinis pendahuluan yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menunjukkan bahwa campuran minyak esensial dapat secara efektif mengatasi masalah dengkuran pada beberapa orang. Sudah tahu apa saja minyak esensial yang efektif? Jika belum, berikut kami berikan rekomendasinya untuk Anda:

Minyak lavender

Menghirup minyak esensial lavender telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa minyak lavender memiliki efek positif dalam memperbaiki gangguan tidur ringan.

Minyak peppermint

Minyak esensial peppermint memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan penyejuk. Menghirup minyak peppermint dapat membantu membersihkan sinus dan memudahkan Anda bernapas. Ini membuat Anda lebih nyaman saat sedang tertidur.

YesDok Ads

Minyak lemon

Minyak esensial lemon diekstraksi dari kulit lemon segar. Sebuah studi di tahun 2011 menemukan bahwa minyak lemon dapat membantu mengatasi masalah mendengkur, jika digunakan sebagai semprotan atau ditambahkan ke dalam air untuk dikumur.

Minyak kayu putih

Dari daun pohon eucalyptus yang dikeringkan, dihaluskan, dan disuling, minyak kayu putih diciptakan. Minyak kayu putih memiliki bau yang cukup kuat namun menenangkan. Ini juga bermanfaat untuk membantu mengencerkan lendir di sistem pernapasan, yang kemudian membantu mengurangi dengkuran.

Minyak cengkih

Minyak esensial cengkih dibuat dengan menyaring kuncup bunga cengkih yang kering. Menggunakan minyak cengkih dapat membantu membersihkan sinus dan meningkatkan aliran udara melalui saluran hidung.

(Foto: mysleepdevice.com)

YesDok Ads