Diet
+1

5 Manfaat Tomat untuk Diet

February 06, 2020 | Claudia

Tomat

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat diet, guna memperbesar keberhasilannya. Saat diet, Anda perlu menghindari konsumsi makanan dengan lemak trans, mengurangi makanan olahan, mengurangi makanan dengan kandungan gula berlebih, dan membatasi asupan makanan dengan lemak jenuh, agar upaya diet yang Anda lakukan dapat berlangsung optimal.

Selain itu, meningkatkan konsumsi buah dan sayuran juga menjadi hal yang penting saat melakukan diet. Tomat bisa menjadi pilihan makanan tepat saat diet. Kandungan rendah kalori dalam tomat, dapat membantu membuat perut tetap kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Tomat berukuran besar mengandung sekitar 33 kalori, tomat berukuran sedang biasanya mengandung sekitar 22 kalori, dan tomat ceri biasanya mengandung sekitar 13 kalori. Rendahnya kandungan kalori dalam tomat dan tingginya manfaat kesehatan dalam tomat, menjadikannya sebagai salah satu makanan yang tidak boleh Anda lewatkan ketika diet.

Berikut beberapa manfaat lain dari tomat:

1. Rendah kalori

Tomat adalah makanan yang rendah kalori. Ketika asupan kalori Anda lebih rendah, maka tubuh dapat membakar kalori lebih cepat. Ini akan mengurangi kemungkinan kalori yang disimpan sebagai lemak.

2. Tinggi serat

Baik serat larut dan serat tidak larut dalam tomat, memainkan peran penting dalam menurunkan berat badan. Serat larut yang hadir dalam tomat, bertugas membentuk zat seperti gel di usus besar, di mana ia bertindak sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di usus. Ini kemudian membantu dalam menurunkan penyerapan makanan, sehingga meningkatkan rasa kenyang.

YesDok Ads

3. Meningkatkan metabolisme

Mengonsumsi jus tomat dapat membantu meningkatkan metabolisme. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi jus tomat dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh saat beristirahat, dan juga mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh.

4. Kaya akan antioksidan

Tomat kaya akan likopen, yakni antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang terdapat dalam tubuh cenderung memicu respons stres yang mengarah pada penumpukan lemak dan penambahan berat badan di tubuh Anda. Konsumsi tomat secara rutin akan membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh yang kemudian berdampak baik terhadap penurunan berat badan yang efektif.

5. Meningkatkan kolesterol baik

Konsumsi tomat secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (kolesterol HDL) dalam tubuh. Kolesterol yang baik mendukung penurunan berat badan dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Selain membantu Anda menurunkan berat badan, konsumsi tomat secara rutin juga dapat mencegah Anda dari banyak penyakit berbahaya.

(Foto: mybiology.net)

YesDok Ads