Diet
+1

5 Manfaat Minum Air Lemon dan Madu secara Rutin

January 10, 2020 | Claudia

Air lemon dan madu

Lemon kaya akan vitamin C, serat dan berbagai senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Buah sitrus ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan membantu penurunan berat badan yang sehat.

Tahukah Anda bahwa rutin minum segelas air hangat dengan beberapa tetes jus lemon dan madu pada perut yang masih kosong di pagi hari sangat baik untuk membakar lemak berlebih di tubuh?

Tak hanya itu, lemon bahkan juga menjadi sumber yang baik dari berbagai nutrisi seperti kalsium, zat besi, magnesium, serat dan sebagainya, yang menjadikan buah berkulit kuning ini bermanfaat bagi kesehatan Anda. Asam sitrat dalam lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat.

Lalu, bagaimana cara membuat air lemon dan madu yang baik untuk tubuh? Berikut kami bagikan tipsnya untuk Anda.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 6 buah lemon
  • 600 ml air
  • Madu

Langkah pembuatan:

  1. Iris lemon menjadi dua bagian dan masukkan ke dalam panci berisi 600 ml air.
  2. Rebus air dan lemon selama 3 menit.
  3. Matikan kompor dan biarkan suhu air rebusan lemon menurun selama 10-15 menit.
  4. Buang lemon dari air.
  5. Tuang ke dalam gelas dan campurkan madu untuk menambah cita rasa.
  6. Minum campuran lemon dan madu ini secara rutin.

Apa saja manfaat mengonsumsi larutan air lemon dan madu secara rutin?

1. Membantu menurunkan berat badan

Minum air lemon yang dicampur dengan madu dapat membantu mengurangi berat badan berlebih. Kandungan pektin yang tinggi dalam lemon dapat membuat perut lebih kenyang untuk waktu yang lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebih dan ngemil camilan yang tidak sehat.

2. Menyehatkan pencernaan

Buah lemon memiliki komponen yang membantu hati untuk memproduksi empedu dalam jumlah yang cukup untuk memperlancar pencernaan. Konsumsi buah ini juga membantu sistem pencernaan untuk mendetoksifikasi tubuh. Air lemon yang diminum secara rutin dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Minumlah segelas air lemon dan madu setiap hari untuk menghilangkan masalah terkait pencernaan.

3. Mengendalikan tekanan darah

Tingkat tekanan darah tinggi dapat dikendalikan melalui konsumsi air lemon secara rutin. Kandungan kalium yang tinggi dalam lemon, dapat membantu seseorang untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik dan mengurangi stres. Ini pada gilirannya dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat kesehatan utama dari buah lemon adalah kemampuannya untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh seseorang. Lemon dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan pilek dan flu secara efektif karena kandungan vitamin C di dalamnya. Lemon juga memungkinkan tubuh menyerap zat besi, yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan energi

Mencampur lemon dengan air hangat dan mengonsumsinya, dapat memberikan Anda sejumlah antioksidan yang membantu mengatasi kelelahan. Konsumsi minuman ini dapat memberi Anda dorongan energi yang diperlukan untuk beraktivitas, berkat nutrisi yang terkandung dalam lemon. Selain memasok oksigen, lemon juga membantu menghidrasi tubuh sehingga membantu Anda untuk merasa lebih berenergi dan segar.

(Foto: newsgram.com)

YesDok Ads