5 Manfaat Menyusui bagi Ibu dan Bayi

July 18, 2022 | Iman

manfaat menyusui bagi ibu dan bayi

Orang tua selalu menekankan pentingnya menyusui daripada memberikan bayi susu formula atau makanan lain karena menyusui sangat penting bagi bayi dan juga ibu. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penting untuk bayi mendapatkan ASI selama enam bulan pertama dan setelah itu, ASI harus dilanjutkan selama satu tahun hingga 2 tahun bersama dengan pemberian makanan padat.

Seperti dikethaui, ASI mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan bayi selama awal pertumbuhan dan perkembangannya.

Berikut adalah manfaat menyusui bagi ibu dan bayi.

1. Mengandung antibodi

ASI yang diproduksi dalam beberapa hari pertama mengandung kolostrum yaitu cairan kental berwarna kekuningan yang mengandung antibodi dalam jumlah tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi dan memberikan perlindungan dari penyakit atau infeksi apa pun.

2. ASI bergizi untuk bayi

Kandungan Kolostrum yang dihasilkan ASI memiliki protein dan rendah gula yang menjadikannya makanan yang ideal untuk bayi.

YesDok Ads

3. Membantu rahim menyusut lebih cepat

Saat seorang ibu menyusui, tubuhnya akan melepaskan oksitosin yang dapat membantu rahim berkontraksi dan juga mengurangi pendarahan yang terjadi setelah melahirkan.

4. Mengurangi risiko penyakit 

Ketika seorang ibu menyusui, dia memiliki kemungkinan lebih rendah untuk tertular berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga diabetes tipe 2.

5. Mengurangi risiko penyakit pada bayi 

Ketika bayi Anda hanya diberi ASI sesuai dengan waktu pemberiannya, itu akan menurunkan risiko bayi Anda tertular berbagai macam penyakit seperti infeksi usus, infeksi saluran pernapasan hingga pilek.

(Foto: healthline)

YesDok Ads