0 Point
manfaat sunscreen pada anak

5 Manfaat Menggunakan Sunscreen pada Anak

Tabir surya atau sunscreen sangat penting bagi anak-anak dan remaja. Manfaat dari sunscreen adalah melindungi kulit anak Anda dari paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengurangi risiko masalah kesehatan pada kulit. Paparan sinar matahari selama masa kanak-kanak telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker kulit. 

Sunburn adalah tanda kerusakan kulit yang dapat Anda lihat, tetapi kerusakan yang tidak terlihat juga terjadi pada semua jenis kulit.

Ada dua jenis sinar matahari yang berbahaya bagi kulit:

  • Sinar UVA menyebabkan penuaan kulit dan kanker kulit, seperti melanoma.
  • Sinar UVB menyebabkan kulit terbakar, katarak, dan juga berkontribusi terhadap kanker kulit.

American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan agar semua anak memakai tabir surya. Pastikan tabir surya memiliki karakteristik berikut:

  • Spektrum luas, yang melindungi dari sinar matahari UVA dan UVB.
  • Tabir surya tahan air. Tabir surya sekarang diberi label tahan air hingga 40 hingga 80 menit.
  • Sun Protection Factor (SPF) 30 atau lebih tinggi.

Periksa label depan dan label bahan tabir surya. Produk yang Anda pilih harus mengandung salah satu bahan berikut: titanium dioksida, seng oksida atau avobenzone. Sunscreen ini cenderung lebih tebal, tetapi memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kulit.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat sunscreen untuk Anak. Ada apa saja ya?

1. Menghindari Luka Bakar (Sunburn) yang Menyakitkan

Jika anak-anak Anda pergi ke luar tanpa tabir surya, mereka bisa terbakar sinar matahari. Luasnya luka bakar akan tergantung pada berapa lama mereka berada di bawah sinar matahari dan jenis kulit mereka. 

Orang yang tinggal lebih dekat ke khatulistiwa seperti di Indonesia berada pada peningkatan risiko terkena sengatan matahari karena tingkat intens radiasi ultraviolet (UV) di atmosfer.

Tetap aman dengan mengoleskan tabir surya sebelum pergi ke luar. Anda juga dapat mengurangi paparan kulit terhadap cahaya berbahaya dengan topi bertepi lebar.

2. Memblokir Sinar UV

Atmosfer bumi terdiri dari banyak lapisan. Lapisan ozon inilah yang melindungi kita dari sinar matahari, menyerap sinar radiasi yang berbahaya. Ia juga menyerap UVB, pita radiasi ultraviolet dengan panjang gelombang yang merusak DNA.

Meskipun sinar matahari diperlukan untuk kesehatan, penting untuk diingat bahwa sinar matahari dapat melukai anak Anda. Sinar UV bahkan dapat merusak kulit mereka pada hari mendung atau hujan. 

Oleskan tabir surya untuk menghalangi sinar berbahaya menembus kulit anak Anda, atau minta mereka mengenakan pakaian lengan panjang berwarna terang untuk mengurangi paparan.

3. Melawan Jerawat

Untuk remaja yang mungkin sudah mengalami jerawat, paparan sinar matahari dapat memperburuk kerusakan. Namun, pada anak-anak dapat menyebabkan warna kulit yang tidak merata, kemerahan, dan peradangan setelah terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Beberapa obat jerawat dapat meningkatkan sensitivitas kulit Anda, membuatnya lebih rentan terhadap sengatan matahari. Pastikan untuk menggunakan tabir surya bebas minyak yang dibuat untuk kulit berjerawat. 

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit Anda ditentukan oleh protein esensial seperti kolagen, elastin, dan keratin, yang semuanya dapat terganggu oleh paparan sinar matahari. Tabir surya berkualitas tinggi akan melindungi protein ini, membuat kulit halus dan bercahaya.

Kolagen dapat menangkal kerutan dan garis halus. Elastin bertanggung jawab untuk memberikan struktur kulit. Keratin membentuk penghalang pelindung yang kaku pada kulit Anda.

Di musim panas, pilih tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 30 atau lebih tinggi. Gunakan secukupnya untuk menutupi semua area yang terbuka, termasuk bibir, telinga dan bagian rambut anak Anda.

5. Mencegah Kanker Kulit

Menikmati sinar matahari dengan aman, yang berarti mengurangi paparan dan mengoleskan tabir surya, dapat mencegah kanker kulit seperti melanoma. Terbakar sinar matahari hanya sekali setiap dua tahun dapat melipatgandakan risiko Anda terkena penyakit ini.

Sayangnya, Anda tidak dapat merasakan sinar UV yang membahayakan kulit Anda, tetapi mereka dapat merusak jangka panjang bahkan pada hari yang dingin dan berawan. 

Selain menggunakan sunscreen, Anda juga bisa memberikan perlindungan pada anak Anda dengan memakainkannya topi atau baju berlengan panjang.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok