5 Manfaat Mengejutkan dari Mandi Menggunakan Air Dingin

September 03, 2021 | Helmi

mandi

Sebagian dari Anda mungkin ada yang tidak suka mandi dengan air dingin. Padahal, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari mandi dengan menggunakan air dingin.

Berikut adalah beberapa manfaat mandi air dingin yang mengejutkan. Bagi Anda yang tidak menyukainya, mungkin mulai sekarang Anda bisa langsung mencobanya.

Baik untuk sirkulasi tubuh

Dengan menurunkan suhu inti Anda, mandi air dingin akan membuat tubuh Anda bekerja dua kali lebih keras untuk menghangatkan diri. 

Tubuh Anda melakukan ini dengan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit Anda, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sehat.

Menenangkan otot yang pegal 

Bagi Anda yang merasa pegal di bagian otot, mandi air dingin akan membantu meningkatkan aliran darah lebih cepat ke area tubuh Anda yang sakit untuk bantuan instan. 

YesDok Ads

Itu juga alasan yang sama mengapa mandi air dingin terasa jauh lebih baik setelah melakukan kegiatan yang melelahkan.

Membantu mengatasi depresi 

Jika Anda mengalami gejala depresi, mandi air dingin dapat membantu memperbaiki suasana hati karena suhu dapat memicu impuls listrik di otak untuk membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Mandi air dingin juga dapat membantu meredakan stres.

Mendukung sistem kekebalan

Sistem kekebalan Anda juga bisa mendapatkan dorongan dari mandi air dingin. Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi air dingin membantu meningkatkan jumlah sel darah putih yang ada dalam aliran darah Anda, merangsang respons kekebalan yang lebih kuat dan lebih baik.

Membuat bangun lebih segar

Jika Anda kesulitan bangun di pagi hari, mandi air dingin pasti akan membuat Anda lebih segar. Faktanya, mandi air dingin tidak hanya akan membangunkan Anda, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kewaspadaan dan energi Anda untuk sisa hari itu.

YesDok Ads