5 Manfaat Lettuce untuk Kesehatan

October 01, 2019 | Helmi

Lettuce adalah sayuran hijau berdaun yang dikenal memilik kandungan gizi yang kaya dan rendah kalori. Setiap porsi mengandung vitamin C, A, K, kalsium, dan zat besi dalam jumlah yang cukup. Ini dapat dikonsumsi baik dalam bentuk mentah atau sebagai bagian dari salad.

Lettuce dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti ditumis dan dipanggang. Berikut adalah lima manfaat kesehatan yang dapat Anda nikmati dari memasukkan sayuran berdaun hijau ini dalam makanan Anda.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut sebuah penelitian dalam Annals of Nutrition and Metabolism, jumlah vitamin C yang cukup mengurangi gejala pilek, flu, kondisi pernapasan, malaria dan pneumonia. Lettuce tidak hanya memiliki vitamin C, tetapi juga memiliki vitamin A, yang membantu melawan peradangan, sehingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Penurunan berat badan

Serat juga menjadi salah satu kandungan dari lettuce. Ini membantu penurunan berat badan karena memberikan rasa kenyang, mengurangi nafsu makan dan membantu mendorong tinja dengan jumlah yang cukup melalui saluran pencernaan secara efisien.

Menurut penelitian, menambahkan serat dan sayuran hijau ke dalam diet meningkatkan penurunan berat badan dalam jangka panjang.

YesDok Ads

Antioksidan

Antioksidan membantu melawan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit dan kondisi kronis. Lettuce dilengkapi dengan polifenol dan flavonoid yang merupakan dua antioksidan penting.

Kesehatan pencernaan

Karena lettuce merupakan sumber serat yang besar, lettuce membantu kesehatan pencernaan karena mengandung hampir tiga gram. Serat juga membantu bakteri baik tumbuh di usus, yang dibutuhkan untuk penyerapan nutrisi dan peradangan. Sayuran ini mampu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Kesehatan Mata

Kekurangan vitamin A terkait dengan kesehatan mata yang buruk terutama mata kering dan kehilangan penglihatan pada malam hari. Degenerasi makula terkait usia dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi multivitamin dengan vitamin A dan C dalam lettuce.

YesDok Ads