5 Manfaat Konsumsi Yoghurt untuk Ibu Hamil

May 17, 2022 | Helmi

yoghurt untuk ibu hamil

Yoghurt adalah makanan ringan yang sehat untuk dikonsumsi selama kehamilan. Makanan ini dikemas dengan nutrisi penting seperti kalsium dan protein, yang sangat bagus, karena kebutuhan protein sangat tinggi selama kehamilan. 

Yoghurt dianggap sehat, asalkan terbuat dari susu pasteurisasi dan dikonsumsi dalam batas waktu sebelum kadaluwarsa. 

Karena yoghurt terbuat dari susu, ia memiliki nilai gizi yang sama dengan susu. Jadi apakah yoghurt aman untuk ibu hamil? Jawabannya adalah ‘ya’, jika yoghurt tersebut sudah melalui proses pasteurisasi atau proses mengolah makanan yang dilakukan untuk membunuh mikroba.

Berikut adalah lima manfaat konsumsi yoghurt untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan Pencernaan

Yoghurt kaya akan bakteri bermanfaat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan usus. Ini juga meningkatkan pencernaan makanan secara keseluruhan dan penyerapan nutrisi oleh saluran pencernaan. Ini mengandung bakteri probiotik yang membantu proses pencernaan yang baik.

2. Mendinginkan Tubuh

Setiap kali Anda makan sesuatu yang pedas, tambahkan sedikit yoghurt bersama makanan Anda. Ini mengurangi efek makanan pedas dan menghindari keasaman dan mulas. 

Mengidam makanan pedas selama kehamilan adalah hal yang umum, jadi selalu ada baiknya untuk mengonsumsi yoghurt sebagai pelengkap. Ini jadi manfaat lain konsusi yoghurt untuk ibu hamil.

YesDok Ads

3. Kaya akan Kalsium

Yoghurt penuh dengan kalsium dan tiga porsi sehari sudah cukup untuk memenuhi setengah dari asupan makanan yang direkomendasikan setiap hari. 

Kalsium penting dalam pembentukan tulang dan gigi janin, dan memainkan peran penting dalam berbagai fungsi tubuh lainnya. Kalsium juga penting untuk penyerapan vitamin D dalam tubuh.

4. Meningkatkan Imunitas

Yoghurt dapat melawan gangguan perut dan infeksi karena adanya bakteri baik. Yoghurt meningkatkan populasi probiotik yang mengembalikan flora bakteri usus dan meringankan penyakit apa pun sekaligus meningkatkan pencernaan.

5. Membantu Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah risiko umum selama kehamilan, yang dapat memiliki efek negatif pada ibu dan bayi. Asupan yoghurt diketahui dapat menenangkan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Ini juga menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk jantung.

Untuk mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan dari yoghurt, cukup makan sekitar 600 gram yoghurt sehari. Dibagi menjadi tiga porsi masing-masing 200 gram.

Ada dua jenis yoghurt yang harus dihindari selama kehamilan. Yang pertama adalah yoghurt yang terbuat dari susu mentah yang tidak dipasteurisasi. Karena membawa risiko penyakit seperti listeria. Kedua yang harus dihindari adalah yoghurt penuh lemak, karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

YesDok Ads