0 Point

5 Manfaat Kesehatan yang Diperoleh dari Bermain Video Game

Stigma mengenai video game yang hanya bisa menghabiskan waktu dan membuat bodoh sepertinya harus ditepis jauh-jauh. Game sebenarnya menawarkan segudang manfaat kesehatan - sangat berbeda dengan apa yang mungkin dikatakan orang tua Anda.

Berikut ini lima manfaat kesehatan yang ternyata dapat diperoleh melalui bermain video game:

Meningkatkan Daya Ingat

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa video game bagus untuk memori. Baru-baru ini, sebuah studi dari University of California-Irvine menemukan bahwa hippocampus, wilayah yang terkait dengan pembelajaran dan memori yang kompleks, diubah dengan memainkan permainan 3-D.

Peningkatan memori yang terjadi cukup besar, mencapai 12% pada beberapa individu. Meskipun tidak begitu jelas bagaimana atau mengapa game-game ini membantu daya ingat, para peneliti bersemangat tentang bagaimana temuan mereka dapat digunakan untuk mengobati orang yang menderita masalah ingatan dan kognitif.

Meningkatkan Koordinasi

Video game membantu tingkat koordinasi tangan dan mata. Bahkan, mereka sangat membantu sehingga game sebenarnya digunakan untuk membantu melatih ahli bedah, karena mereka bekerja untuk membuat gerakan presisi dan melakukan tugas dalam ruang yang sangat terbatas.

Korelasi antara video game dan keterampilan motorik telah dikenal selama beberapa waktu, tetapi penelitian yang lebih baru memberikan lebih banyak informasi. Permainan cepat, First Person Shooter (FPS), telah terbukti meningkatkan keterampilan motorik dan membantu mengembangkan pengambilan keputusan yang cepat.

Bermanfaat untuk kesehatan kognitif

Video game juga dapat membantu fungsi kognitif secara keseluruhan. Anda dapat memberikan perhatian pebuh, fokus, dan perseptif - semuanya sambil berpikir kritis dan membuat keputusan, dalam game. Ini sangat penting karena bermain game mungkin menjadi pilihan pengobatan yang layak untuk orang yang menderita penyakit kognitif yang berkaitan dengan usia, seperti Alzheimer dan demensia.

Mengurangi Stres dan Depresi

Banyak bukti sekarang yang menunjukkan hubungan antara video game dan penurunan tingkat stres, dan bahkan mengurangi tingkat depresi. Bermain Angry Birds, misalnya, adalah latihan sederhana dan santai untuk banyak tipe kepribadian. Game juga bisa menjadi saluran sosial, memungkinkan mereka yang kesepian berkesempatan untuk berinteraksi.

Mempertajam Insting Pengambilan Keputusan

Video game dapat membantu Anda mempertajam keterampilan pengambilan keputusan Anda. Banyak game penuh dengan dilema moral, yang memaksa Anda untuk mempertimbangkan pro dan kontra dan membuat keputusan yang akan memengaruhi pengalaman dalam game Anda.

Contoh lain seperti game strategi, mengharuskan Anda untuk berpikir kritis pada level yang sangat tinggi. Bahkan dalam game FPS,  seseorang membutuhkan banyak pemikiran kritis dan strategi, daripada hanya "membidik dan menembak." Keterampilan yang dipoles dengan bermain game sebenarnya dapat diterjemahkan dengan baik ke dalam dunia nyata juga, demikian temuan penelitian.

(Foto: Praguepost.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok