5 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Bayam

August 20, 2020 | Helmi

bayam

Dari semua sayuran hijau, bayam adalah salah satu jenis sayur yang paling serbaguna. Berbagai metode masakan bisa dilakukan dengan menggunakan sayur bayam.

Bayam juga memiliki banyak manfaat kesehatan, dan Anda dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam makanan Anda.

Berikut adalah lima manfaat makan lebih banyak dari sayuran hijau satu ini.

Bayam kaya nutrisi

Tiga cangkir bayam mentah hanya menyediakan 20 kalori, tanpa lemak, 2 gram protein, dan 3 gram karbohidrat dengan 2 gram sebagai serat (jadi 1 gram karbohidrat bersih).

Meski memiliki sedikit kalori, bayam dikemas dengan nutrisi. Porsi tiga cangkir menyediakan lebih dari 300% kebutuhan harian akan vitamin K yang mendukung tulang.

Bayam juga menyediakan lebih dari 160% kebutuhan harian untuk vitamin A, dan sekitar 40% untuk vitamin C, yang keduanya mendukung fungsi kekebalan dan meningkatkan kesehatan kulit. .

Bayam juga mengandung 45% dari kebutuhan harian folat, vitamin B yang membantu pembentukan sel darah merah dan DNA. Dan bayam memasok 15% dari kebutuhan harian untuk zat besi dan magnesium, 10% untuk kalium, dan 6% untuk kalsium, bersama dengan sejumlah kecil vitamin B lainnya.

Bayam kaya akan antioksidan

Selain banyak vitamin dan mineralnya, bayam memberikan antioksidan yang terkait dengan anti-inflamasi dan perlindungan penyakit. Ini termasuk kaempferol, flavonoid yang terbukti mengurangi risiko kanker, serta memperlambat pertumbuhan dan penyebarannya.

Yang lain, yang disebut quercetin, telah dikaitkan dengan kemungkinan efek perlindungan pada memori serta penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Bayam mendukung kesehatan otak

Efek anti-inflamasi bayam menjadikannya salah satu bahan alami untuk melindungi otak, terutama dengan penuaan. Dalam sebuah penelitian, para peneliti melacak pola makan dan kemampuan kognitif lebih dari 950 orang dewasa yang lebih tua selama sekitar lima tahun.

YesDok Ads

Mereka melihat penurunan yang signifikan dalam tingkat penurunan kognitif di antara mereka yang mengonsumsi lebih banyak sayuran berdaun hijau.

Data menunjukkan bahwa orang yang makan satu hingga dua porsi sayuran hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan seseorang yang 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran hijau.

Bayam dapat membantu mengatur tekanan darah

Bayam merupakan sumber nitrat alami, senyawa yang membuka pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah dan meringankan beban kerja jantung.

Dalam satu penelitian kecil yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, 11 pria dan tujuh wanita mengonsumsi empat minuman kaya nitrat yang berbeda, termasuk minuman mengandung bayam.

Peneliti menemukan bahwa kadar nitrat darah meningkat setelah meminum keempat minuman tersebut. Minuman bayam juga menurunkan tekanan darah. Tekanan darah diastolik tetap lebih rendah lima jam setelah menelan minuman bayam dan roket.

Bayam melindungi kesehatan mata

Salah satu antioksidan dalam bayam, yang disebut lutein, telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang dapat mengaburkan penglihatan sentral yang tajam yang diperlukan untuk aktivitas seperti membaca dan mengemudi.

Dalam sebuah penelitian di Jepang, para peneliti memeriksa mata dari 11 perokok sehat yang mengonsumsi 75 gram bayam beku yang mengandung 10 mg lutein setiap hari selama dua bulan.

Asupan bayam kaya lutein meningkatkan kadar lutein darah, dan juga meningkatkan ukuran kepadatan optik pigmen makula (MPOD).

Itu penting, karena pigmen makula bertindak seperti kacamata hitam internal untuk melindungi mata.

(Foto: freepic/assumption111)

YesDok Ads