0 Point
Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan

5 Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan, Yuk, Coba Sekarang!

Meski ukurannya kecil, namun manfaat chia seed untuk kesehatan sangat luas. Ini berkat kandungan nutrisi yang tinggi di dalam chia seed, seperti asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, dan antioksidan.

Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat chia seed untuk kesehatan dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat mengonfirmasi temuan ini.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi chia seed, maka coba kenali juga manfaat chia seed untuk kesehatan berikut ini:

Membantu menurunkan berat badan

Serat yang terkandung dalam chia seed dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Ini mencegah dari kebiasaan makan berlebihan yang bisa menambah berat badan.

Ada pula sedikit bukti yang mendukung klaim bahwa chia seed dapat secara khusus menurunkan berat badan. Sebuah penelitian di tahun 2011 menyimpulkan adanya sedikit bukti bahwa chia seed dapat membantu menurunkan berat badan.

Namun, penelitian yang lebih kuat dibutuhkan untuk mengonfirmasi apakah chia seed memang berguna untuk menurunkan dan membantu seseorang mempertahankan berat badan yang ideal.

Meningkatkan kolesterol HDL

Sebuah analisis di tahun 2021 terhadap 10 uji klinis menemukan bahwa chia seed dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Peneliti menyimpulkan bahwa chia seed memberikan efek perlindungan pada kesimbangan lipid di dalam darah, dan ini juga menunjukkan efek yang baik untuk kesehatan jantung.

Berdasarkan hasil temuan ini, maka chia seed bisa menjadi tambahan yang baik untuk orang-orang yang tengah menjalani diet untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan ingin meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam aliran darahnya.

Mengurangi lonjakan gula darah

Sebuah studi di tahun 2017 yang melibatkan 15 peserta menemukan bahwa dibandingkan dengan biji rami atau flax seed, chia seed dapat memperlambat seberapa cepat tubuh melepaskan glukosa dan mengurangi lonjakan gula darah yang muncul setelah konsumsi karbohidrat.

Ini juga terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Akan tetapi, belum ada penelitian yang secara khusus membuktikan bahwa chia seed dapat membantu mengelola kadar gula darah pada orang-orang dengan kondisi diabetes tipe 2.

Tinggi serat

Pola makan tinggi serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan,khususnya dalam mencegah sembelit dan menjaga saluran cerna tetap sehat. Chia seed dapat membantu Anda yang ingin menambah asupan serat harian. Satu porsi chia seed atau sekotar 28 gram chia seed mengandung sekitar 10 gram serat.

Tinggi omega 3 dan omega 6

Dalam satu porsi chia seed mengandung sekitar 6,72 gram asam lemak tak jenuh ganda, yang mana termasuk omega 3 dan omega 6.

Para peneliti hingga saat ini masih mempelajari lebih jauh, tentang bagaimana asam lemak tak jenuh ganda dapat memengaruhi kesehatan. Akan tetapi, sebuah analisis di tahun 2020 terhadap 86 uji klinis menemukan bahwa asupan omega 3 yang tinggi dapat mengurangi risiko serangan jantung dan faktor risiko terkait serangan jantung lainnya.

Oleh karena itu, manfaat chia seed untuk kesehatan juga baik bagi Anda yang ingin menjaga kondisi jantung tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik.

(Foto: farmersalmanac.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok