5 Manfaat Buah Blackberry yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

March 22, 2019 | Helmi

Blackberry, bukan brand ponsel, namun buah yang biasa tumbuh di musim panas. Tahukah Anda bahwa blackberry memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh? Buah satu ini ternyata memiliki nilai gizi dan manfaat yang sangat mengesankan.

Penasaran apa saja manfaat yang diberikan buah blackberry bagi tubuh kita? Berikut ini telah kami rangkum lima manfaat blackberry untuk kesehatan Anda:

Kaya Serat

Satu cangkir buah berry segar mengandung 60 kalori dan 8 gram serat. Angka tersebut sudah memenuhi hampir sepertiga dari jumlah serat yang harus Anda makan dalam sehari.

Semua serat ini akan membantu meningkatkan rasa kenyang, menurunkan kolesterol dan membantu Anda menurunkan berat badan, serta mengatur kadar darah dan insulin. Selain itu buah ini juga melancarkan kesehatan pencernaan Anda.

Blackberry mengandung prebiotik, yang berarti juga akan menjadi makanan bagi bakteri rama yang ada di usus. Manfaatnya juga berguna untuk meningkatkan kekebalan dan memberikan efek anti-inflamasi.

Kaya Vitamin C

Berkat mengonsumsi blackberry, setengah kebutuhan vitamin C harian Anda akan terpenuhi. Selain bermanfaat mendukung kekebalan tubuh dan vitamin bagi kulit, kandungan antioksidan di dalamnya juga diperlukan untuk perbaikan DNA dan produksi kolagen dan serotonin.

YesDok Ads

Baik untuk Kesehatan Tulang

Selain vitamin C, buah blackberry juga memiliki kandungan vitamin K. Vitamin satu ini diperlukan untuk pembentukan tulang dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin ini meningkatkan resiko osteoporosis.

Mengontrol Gula Darah

Blackberry juga menjadi salah satu dari sekian banyak buah dengan kandungan gula terendah, hanya 7 gram per cangkirnya. Kadar gula yang rendah dan dikombinasikan dengan kadar serat yang tinggi menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengatur kadar gula darah dan insulin dalam tubuh.

Melindungi Otak

Antioksidan dalam buah blackberry dapat membantu mengurangi peradangan otak dan mengubah cara neuron berkomunikasi. Kandungan di dalam buah ini disebut-sebut mampu meminimalisir pikun saat usia lanjut.

Tak hanya itu saja, manfaatnya termasuk melindungi koordinasi motorik dan menangkal penurunan kemampuan kognitif pada tubuh.

YesDok Ads

Related Tags