5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Karena Bisa Perparah Sembelit

April 20, 2021 | Helmi

sembelit

Sembelit atau gejala sulit buang air besar tentu bisa sangat menyiksa. Untungnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk 

Untuk meredakan sembelit secara alami, penting untuk berolahraga secara teratur, minum banyak air, dan makan lebih banyak makanan kaya serat, sejenis karbohidrat yang merangsang pencernaan.

Meski demikian, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari bagi Anda yang tengah mengalami sembelit.

Menurut Elisabetta Politi, MPH, RD, LDN, seorang ahli diet di Duke University Diet & Fitness Center, makanan dengan kandungan serat yang rendah dapat memperburuk sembelit.

Berikut ini 5 makanan yang jika Anda konsumsi dapat memperparah masalah sembelit.

Biji-bijian olahan

Makanan yang terbuat dari biji-bijian olahan, seperti roti putih dan pasta putih, memiliki kadar serat yang rendah, yang menyebabkan sembelit. Lebih baik makan makanan yang terbuat dari biji-bijian saja, seperti nasi merah atau oatmeal.

Makanan yang digoreng

Saat digoreng, makanan kehilangan air dan menyerap lemak. Ini tidak membantu meredakan sembelit karena makanan tinggi lemak memperlambat pencernaan dan menyebabkan tinja lebih keras.

YesDok Ads

Pisang Mentah

Pisang mentah mengandung pati, sejenis karbohidrat yang sulit dicerna tubuh, yang membuat sembelit semakin parah.

Makanan yang diproses dengan berat

Potongan daging dingin, hotdog, dan sosis sering kali mengandung lemak dalam jumlah tinggi, serta gula dan natrium. Tidak hanya tidak sehat bagi tubuh, tetapi juga dapat memperlambat pencernaan.

Alkohol

Karena alkohol membuat tubuh mengalami dehidrasi, itu membuat sembelit semakin parah. Mereka juga menyebabkan tinja lebih keras

Pola makan yang rendah serat tidak hanya menyebabkan atau memperburuk sembelit, tetapi juga dapat menyebabkan radang usus buntu dan wasir. 

Penting untuk memenuhi asupan serat yang direkomendasikan setiap hari untuk menghindari risiko kesehatan yang terkait dengan diet rendah serat.

YesDok Ads