5 Makanan yang Direkomendasikan untuk Dikonsumsi Setelah Vaksin

November 03, 2021 | Helmi

makanan vaksin

Banyak orang yang takut dengan efek samping dari vaksinasi COVID-19. Namun nyatanya dengan istirahat, diet, dan perawatan yang tepat, seseorang dapat dengan mudah mengelola efek samping dari vaksin tersebut

Diet memainkan peran penting dalam membangun kekebalan, dan dengan pandemi, orang harus makan makanan yang meningkatkan kekebalan. Orang yang baru saja divaksinasi harus memasukkan makanan yang meningkatkan kekebalan dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah vaksinasi:

Ikan

Ikan memiliki sifat anti-inflamasi, dan juga kaya akan lemak omega-3. Sebagai informasi, lemak omega-3 sangat membantu untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh.

Ayam

Sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi. Ayam adalah sumber protein yang kaya dan aman untuk dikonsumsi dua hingga tiga kali dalam seminggu setelah vaksinasi.

Telur

YesDok Ads

Telur adalah sumber protein yang baik, diikuti oleh ikan dan ayam. Telur mengandung asam amino esensial yang membantu membangun kekebalan. Ditambah lagi, telur bisa diperoleh dengan mudah dan harganya relatif terjangkau. 

Buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin yang membantu memperkuat kekebalan. Pilih buah yang segar untuk memperoleh hasil yang optimal.

Kunyit

Kandungan kurkumin yang ada dalam kunyit baik untuk kesehatan dan mencegah stres, biasanya terlihat pada orang pasca vaksinasi.

Selain makanan, penderita diabetes yang baru saja divaksinasi harus menjaga diri agar tetap terhidrasi untuk menghindari efek samping umum dari vaksin COVID-19, seperti pilek, demam, nyeri di lengan, lemas, nyeri sendi.

Jika mengalami demam atau sakit parah setelah vaksinasi COVID-19, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter dan minum obat seperti yang disarankan oleh dokter untuk meredakan gejalanya.

YesDok Ads