5 Makanan yang Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh

November 24, 2022 | Helmi

kolesterol baik

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik dapat membakar kalori dan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, berolahraga juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. 

Menurut ahli gizi Lovneet Batra, selain berolahraga, Anda juga dapat mengonsumsi makanan tertentu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Berikut ini adalah lima makanan sehat yang bisa ditambahkan dalam diet untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

1. Biji chia

Biji chia selalu disebutkan dalam daftar makanan sehat. Ahli gizi mengatakan bahwa biji ini juga efektif dalam meningkatkan kadar kolesterol baik. Biji chia mengandung asam lemak omega-3 nabati bersama dengan sejumlah nutrisi sehat lainnya. 

Oleh karena itu, menambahkannya ke dalam makanan Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) dan juga menurunkan tekanan darah.

2. Barley

Barley adalah makanan lain yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Menurut ahli gizi, mengonsumsi barley dapat memberi Anda beta-glukan yang cukup. Ini adalah serat larut yang membantu menjaga rasio HDL (high-density lipoprotein) ke LDL (low-density lipoprotein) yang baik dalam tubuh.

YesDok Ads

3. Kenari

Kenari mengandung lemak omega-3, yang merupakan sejenis asam lemak tak jenuh tunggal dengan "kualitas pelindung jantung". Mengonsumsi beberapa kacang kenari dapat menurunkan kolesterol darah secara keseluruhan dan juga meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

4. Minyak kelapa

Ahli gizi mengatakan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol, baik yang baik maupun yang buruk. Namun, dia menekankan bahwa minyak kelapa juga membentuk sedikit asam lemak.

5. Kedelai

Dalam hal nilai gizi, kedelai setara dengan daging. Kacang kedelai kaya akan serat dan protein serta memiliki lemak tak jenuh. Mereka juga mengandung isoflavon yang efektif dalam meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL.

YesDok Ads