5 Makanan yang Bisa Menyebabkan dan Memperburuk Jerawat

July 25, 2022 | Helmi

makanan yang menyebabkan jerawat

Kesehatan kulit seringkali dapat menjadi indikasi kesehatan kita secara keseluruhan. Kurangnya diet yang tepat dan olahraga, disertai dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat menyebabkan kesehatan kulit yang buruk. 

Di sisi lain, kondisi kulit tertentu merupakan indikasi ketidakseimbangan hormon, seperti jerawat misalnya. Jerawat normal dapat disebabkan karena gaya hidup sehari-hari. Apa yang kita konsumsi dapat memperburuk atau memperbaiki kulit kita. 

Pada artikel ini, kami akan membahas makanan-makanan yang dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat. 

Produk susu

Produk susu merupakan sumber nutrisi yang baik seperti protein, kalsium, dan sebagainya. Namun, produk susu cenderung menyebabkan masalah pencernaan dan peradangan. 

Susu juga dapat meningkatkan kadar gula darah atau insulin seseorang. Semua faktor ini dapat membuat seseorang rentan terhadap jerawat.

Makanan cepat saji

Junk food seperti namanya bertindak hampir seperti sampah bagi tubuh. Junk food rendah nutrisi dan berlimpah sodium, gula, lemak jenuh, pengawet, dan berbagai komponen tidak sehat lainnya. 

Makanan cepat saji yang kaya akan gula dan minyak dapat menyebabkan peradangan pada kulit, yang mengakibatkan jerawat.

YesDok Ads

Biji-bijian olahan

Biji-bijian olahan tidak hanya menyebabkan jerawat tetapi tidak sehat untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Contoh paling umum dari biji-bijian olahan adalah roti, sereal, hidangan yang terbuat dari tepung putih, kerupuk, kue, dll. 

Karbohidrat olahan mempengaruhi kadar gula darah kita dan juga pencernaan. Ketidakteraturan dalam fungsi ini dapat menyebabkan jerawat sebagai akibatnya.

Gorengan

Makanan yang digoreng mirip dengan junk food sangat buruk bagi tubuh. Ini menyebabkan masalah pencernaan, dan masalah yang berhubungan dengan jantung dan juga dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada tubuh. 

Minyak menyebabkan peradangan dan membantu produksi minyak dalam tubuh yang kemudian menyebabkan jerawat.

Gula

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, gula pasir terutama gula putih rafinasi sangat buruk bagi tubuh kita. Mereka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk jerawat parah. 

Gula meningkatkan kadar insulin, dan gula darah serta merusak banyak fungsi tubuh. Makanan cepat saji, makanan olahan, dan lain sebagainya, semuanya termasuk tinggi gula.

YesDok Ads