Diet
+1

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Menjalani Operasi

May 20, 2021 | Claudia

Pascaoperasi

Menjalani operasi, baik operasi kecil maupun operasi besar, tetap saja memberikan pengaruh terhadap tubuh. Oleh karena itu, agar tubuh segera berfungsi penuh dan menjadi sehat kembali, kita membutuhkan jumlah nutrisi yang tepat dalam tubuh pascaoperasi.

Mengonsumsi makanan yang tepat bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dan membantu mengurangi pembengkakan atau ketidaknyamanan lainnya setelah operasi. Berikut beberapa makanan terbaik yang harus dikonsumsi setelah Anda menjalani operasi:

Makanan berserat

Makanan kaya serat sangat penting untuk dikonsumsi setelah menjalani operasi. Buah dan sayuran merupakan sumber serat yang baik. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral penting, yang semuanya sangat berguna untuk mempercepat pemulihan pascaoperasi. Makanan tinggi serat juga baik untuk mengatasi masalah sembelit yang biasanya dialami pasien setelah operasi.

Makanan tinggi protein

Selain serat, kita juga membutuhkan makanan yang tinggi protein untuk mempercepat dalam penyembuhan luka, dan mendukung regenerasi awal jaringan tubuh. Makanan kaya protein memberikan Anda kekuatan yang dibutuhkan setelah menjalani operasi.

YesDok Ads

Makanan tinggi lemak sehat

Makanan yang tinggi kandungan lemak sehat sangat dibutuhkan untuk memperkuat sistem kekebalan pascaoperasi. Lemak juga membantu memberikan energi setelah operasi. Makanan tinggi lemak sehat juga membantu penyerapan vitamin yang baik untuk tubuh.

Makanan tinggi antioksidan

Setelah operasi, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan untuk menghalau efek berbahaya dari radikal bebas yang mungkin dilepas selama proses operasi. Buah beri, jeruk, brokoli, bayam, wortel, dan teh hijau merupakan beberapa contoh sumber antioksidan yang baik, yang sebaiknya dikonsumsi sebelum dan sesudah dioperasi untuk meminimalkan efek berbahaya dari operasi.

Makanan penguat usus

Antibiotik biasanya diberikan setelah operasi untuk mengurangi efek berbahaya setelah operasi. Namun, konsumsi antibiotik biasanya bisa merusak keseimbangan mikrobiota usus yang kemudian dapat memengaruhi kekebalan tubuh. Untuk itu, seimbangkan lagi dengan mengonsumsi sumber makanan yang bagus untuk memperkuat usus, seperti makanan fermentasi yang mengandung probiotik.

YesDok Ads