5 Makanan untuk Usus yang Sehat

December 20, 2019 | Iman

Yoghurt

Usus yang sehat amat penting karena terkait erat dengan kesehatan kita secara umum. Usus merupakan rumah bagi 100 triliun mikroorganisme, secara kolektif disebut mikrobiota.

 
Fungsi utama usus adalah melakukan proses pencernaan, penyerapan nutrisi, dan ekskresi limbah. Usus juga memainkan peran utama dalam fungsi dan pengembangan sistem kekebalan tubuh manusia.


Karena usus memainkan banyak peran dalam kesehatan kita, oleh karenanya penting untuk dirawat dengan asupan makanan yang tepat. Dilansir Times of India, berikut beberapa makanan yang dapat  membantu usus Anda tetap sehat sebagaimana mestinya.

 
1. Apel

Apel mengandung serat yang disebut pektin yang bertindak sebagai probiotik pada usus kita. Proses ini meningkatkan asam lemak rantai pendek penting dalam memberi makan bakteri baik dan mengurangi jumlah bakteri jahat di usus. Bagian terbaiknya adalah buah apel mudah ditemui disepanjang tahun dan dapat dikonsumsi setiap hari.

 
2. Air Lemon Hangat

Cukup terhidrasi merupakan hal penting untuk menjadikan diri tetap bugar dan sehat. Saat musim penghujan tiba, umumnya manusia cenderung menyepelekan kecukupan air. Air lemon hangat mampu membantu menjaga tubuh kita terhidrasi, selain itu mampu menghangatkan badan kala dingin tiba.

YesDok Ads


3. Yoghurt dan Kombucha

Kombucha telah menjadi favorit baru-baru ini dan juga menempati menu di banyak restoran. Kombucha dan yoghurt adalah produk fermentasi  atau budidaya yang mampu membersihkan ulang usus Anda. Ingatlah untuk tetap konsisten dengan memiliki setidaknya satu makanan kaya probiotik atau minuman setiap hari.


4. Sayuran Fermentasi

Membuat sayuran yang difermentasi mungkin membutuhkan waktu, tetapi sebenarnya prosesnya mudah, Beberapa sayuran terbaik untuk dimasukkan dalam menu makanan Anda adalah kol, lobak, atau kimchi. Sayuran yang difermentasi tidak membutuhkan gula seperti kombucha. Sayuran fermentasi memberi Anda kebutuhan serat, vitamin dan mineral yang tersedia secara biologis, dan dosis probiotik harian Anda.


5. Gandum Utuh

Biji-bijian dan gandum utuh adalah pilihan terbaik untuk menenangkan usus Anda setelah makan malam yang berlebihan. Selain mengenyangkan, makanan-makanan ini kaya serat. Anda dapat mengonsumsi roti gandum dengan menambahkan sedikit mentega almond untuk mendapatkan asupan protein dan lemak sehat.

(Foto: telegraph)

YesDok Ads