0 Point
Makanan Untuk Memperbanyak ASI

5 Makanan untuk Memperbanyak ASI yang Wajib Dikonsumsi

Banyak ibu yang tengah menyusui khawatir, jika produksi ASI-nya tidak dapat mencukupi kebutuhan si buah hati. Memang, saat ini sudah banyak suplemen untuk memperlancar ASI, namun, adakah makanan untuk memperbanyak ASI yang bisa dikonsumsi sehari-hari?

ASI adalah sumber makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh bayi, terutama bayi baru lahir, untuk membantu tumbuh kembangnya. Pemberian ASI eksklusif disarankan dilakukan selama 2 tahun, namun pada bulan ke-6, ibu sudah bisa memberikan anak makanan pendamping ASI atau yang juga dikenal dengan MPASI.

Untuk bisa terus mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil melalui ASI, maka ibu perlu tahu bagaimana cara terbaik untuk memperbanyak produksi ASI-nya. Untung saja, ada beberapa makanan yang bisa membantu ibu menyusui dalam hal ini.

Berikut beberapa makanan untuk memperbanyak ASI yang bisa ibu konsumsi:

Bayam

Bayam memang sudah dikenal sejak lama merupakan sayuran dengan nutrisi yang tinggi dan menyimpan banyak manfaat kesehatan. Mengonsumsi bayam dapat menambah zat besi, yang memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh ibu, terutama selama masa menyusui.

Tak hanya zat besi, bayam juga tinggi kandungan vitamin B6, di mana vitamin ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Belum selesai, bayam juga mengandung enzim bernama phytoestrogens, yang bermanfaat dalam membantu ibu menghasilkan ASI yang melimpah untuk bayinya.

Pepaya

Tak hanya buahnya, bahkan seluruh bagian yang ada di pohon pepaya bisa dimanfaatkan ibu untuk memperbanyak produksi ASI. daging buah, bunga, dan daun pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, kalsium, dan enzim papain, yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, buah pepaya juga mengandung banyak cairan, sehingga dapat memastikan kebutuhan cairan ibu selama menyusui selalu terpenuhi, dan ini juga dapat membantu ibu menghasilkan ASI yang lebih banyak.

Jagung

Jagung masuk ke dalam makanan yang dapat memperbanyak ASI. Ini berkat kandungan karbohidrat dan protein di dalam jagung, yang dapat meningkatkan produksi ASI, bahkan berguna pada ibu yang baru melahirkan dan ASI-nya belum keluar.

Labu

Tak hanya labu yang berwarna oranye, berbagai jenis labu, termasuk labu siam, labu botol, dan labu kuning, bisa dikonsumsi untuk memperbanyak produksi ASI. Labu mudah dicerna oleh usus, sehingga dapat membantu mencegah sembelit pada ibu menyusui. Tak hanya itu, labu juga tinggi kandungan zat besi, yang sangat penting bagi ibu selama proses menyusui.

Wortel

Layaknya bayam, wortel juga mengandung enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI yang berkualitas. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Minumlah segelas jus wortel saat makan siang untuk memastikan produksi ASI yang melimpah di sore harinya.

(Foto: momsmag.rahetbally.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok