5 Makanan Tepat untuk Kesehatan Mata

March 08, 2021 | Iman

Makanan untuk kesehatan mata

Pandemi yang belum jelas ujungnya memaksa kita terus bekerja dan beraktifvitas di rumah. Tidak dapat dipungkiri saat di rumah semuanya dipaksa beradaptasi dengan layar. Penggunaan gadget yang terut sulit dikontrol ini membuat mata perlu bekerja keras.

Dengan jadwal kerja yang padat, pola hidup yang mungkin tidak terkontrol masalah kesehatan mata bisa semakin buruk. Berikut beberapa asupan makanan yang dapat menjaga umur panjang dan kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

Kacang dan biji-bijian

Mulailah menambahkan kacang-kacangan ke dalam makanan. Kacang merah, kacang polong hitam, dan lentil merupakan sumber bioflavonoid dan seng yang baik yang dapat membantu melindungi retina dan menurunkan risiko terjadinya degenerasi makula dan katarak.

Sumber lain seperti kenari, almond kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E karena ini meningkatkan kesehatan mata Anda. Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin E jika dikombinasikan dengan nutrisi lain membantu memperlambat degenerasi makula terkait usia (AMD) menjadi lebih buruk.

Sayuran berdaun hijau

YesDok Ads

Sayuran berdaun hijau adalah sumber yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Sayuran hijau seperti kale, bayam kaya akan vitamin C dan E. Beberapa sayuran hijau tersebut juga memiliki jumlah vitamin A yang baik yang menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang.

Buah dan sayuran berwarna terang

Ada kaitan kecerahan buah dan sayur pada nutrisi mata Anda. Makanan berwarna terang seperti wortel, tomat, paprika, stroberi, labu, jagung adalah sumber vitamin A dan C yang sangat baik. Sementara buah dan sayuran berwarna-warni ini dianggap membantu mengurangi risiko berbagai penyakit pada mata.

Buah buahan citrus

Buah jeruk dan beri kaya akan vitamin C yang bagus untuk kesehatan mata. Jeruk, jeruk bali, lemon, dan beri mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads