Diet
+1

5 Makanan Sehat untuk Jaga Mata Anda

September 17, 2021 | Claudia

Sayuran hijau

Gangguan penglihatan merupakan salah satu hal yang tak terhindarkan akibat penuaan atau kondisi ketegangan pada mata. Sebenarnya, gaya hidup dan pola makan yang sehat dapat secara signifikan mengurangi risiko masalah kesehatan mata.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata:

Buah jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C. Sama seperti vitamin E, vitamin C adalah antioksidan yang baik dalam melawan kerusakan mata terkait usia. Selain jeruk, buah lemon juga bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan mata.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin, dan juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mata. Sayuran berdaun hijau yang sebaiknya rutin Anda konsumsi antara lain:

  • Bayam
  • Brokoli
  • Kubis

Wortel

YesDok Ads

Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Beta karoten merupakan senyawa yang memberi warna oranye pada wortel. Vitamin A memainkan peran penting dalam penglihatan. Ini adalah komponen protein yang disebut rhodopsin, yang dapat membantu retina menyerap cahaya. Penelitian tentang peran beta karoten dalam penglihatan sangat beragam. Meski begitu, tubuh membutuhkan beta karoten untuk memproduksi vitamin A.

Telur

Telur adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangta baik, yang dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. Telur juga merupakan sumber vitamin C dan E, juga seng yang baik.

Daging sapi

Daging sapi kaya akan seng, yang dapat menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang. Seng dapat membantu menunda kondisi hilangnya penglihatan terkait usia dan degenerasi makula. Mata sendiri mengandung seng tingkat tinggi, terutama pada bagian retina, dan jaringan pembuluh darah di sekitar retina. Daging seperti dada ayam juga mengandung seng, namun dalam tingkat yang lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi.

(Foto: vitality4happiness.com)

YesDok Ads