5 Makanan Penurun Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

July 08, 2022 | Iman

Bawang putih

Diet sehat dengan menu gizi seimbang memainkan peran penting dalam kesehatan jantung. Berbagai penelitian di berbagai belahan dunia menunjukkan bahwa makanan tertentu yang ada dalam menu diet harian Anda, terutama yang tinggi nutrisi seperti zat besi, protein, kalium, dan magnesium dapat mengurangi tingkat tekanan darah.

Seperti diketahui, tekanan darah yang meningkat dan tidak terkontrol bisa menyebabkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, bahkan gagal ginjal.

Menurut para ahli, saat ini lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia menderita tekanan darah tinggi, yaitu tekanan darah sistolik dengan nilai 130 mm Hg atau lebih, dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mm Hg.

Namun Anda jangan khawatir, karena diketahui ada beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan bisa Anda masukkan dalam menu pola hidup yang sehat. Berikut adalah makanan tersebut.

1. Buah jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat membantu dalam menjaga tekanan darah. Buah seperti Jeruk lainnya seperti lemon, nanas, dan jeruk bali juga memiliki antioksidan yang disebut flavonoid yang dikenal mampu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

2. Yoghurt

Yogurt berasal dari susu yang difermentasi, makanan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan arteri sekaligus menjaga usus tetap sehat. Pasien dengan jantung juga perlu mengonsumsi yogurt tanpa pemanis dan tanpa menambahkan gula untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

YesDok Ads

3. Kayu manis

Kayu manis merupakan rempah dengan aroma kuat yang tidak hanya membuat rasa makanan lezat tetapi juga menjaga tekanan darah tetap terkendali. Menurut ahli, mengonsumsi sekitar 2-3 gram kayu manis, setiap hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan kandungan protein dan harus ditambahkan ke semua menu makanan untuk memberi manfaat bagi kesehatan jantung. Kacang-kacangan juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dan mengandung serat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Bawang putih

Bahan makanan ini memiliki sifat antibiotik dan antijamur, bawang putih juga mengandung bahan aktif yang disebut allicin yang dapat membantu mengurangi tekanan darah, dan kekakuan di arteri hingga mempertahankan kadar kolesterol optimal.

(Foto: medicalnewstoday)

YesDok Ads