Diet
+1

5 Makanan Pengusir Bau Mulut

March 13, 2021 | Claudia

Jeruk

Bau mulut merupakan salah satu kondisi yang memalukan. Kondisi yang juga disebut halitosis ini dialami oleh banyak orang, biasanya disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan mulut atau terjadi masalah pada saluran cerna.

Selain kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut, bau mulut juga bisa terjadi akibat hipotiroidisme, diabetes, penyakit gusi, infeksi jamur di mulut, gigi berlubang, gangguan pencernaan, sinusitis, dan lain-lain.

Beberapa makanan bisa membantu Anda yang mengalami kondisi memalukan ini, seperti:

Daun mint

Mengunyah daun mint juga bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untuk menghilangkan bau mulut. Daun minta membantu membuat mulut terasa lebih segar dan bisa mengusir bau mulut.

Jahe

Selain digunakan untuk mengatasi sakit perut, jahe juga bisa membantu Anda yang memiliki masalah bau mulut. Kunyahlah beberapa potong jahe untuk menghilangkan bau tak sedap dari mulut Anda.

YesDok Ads

Apel

Apel yang kaya akan polifenol dapat membantu membersihkan gigi dan mulut secara alami, dan membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Mengonsumsinya dapat menetralkan senyawa penyebab bau busuk dan menghilangkan bau mulut.

Bayam

Bayam dapat mengurangi bau mulut akibat kondisi mulut kering, karena bayam dapat mengembalikan keseimbangan pH tubuh untuk mencegah dehidrasi. Bayam yang juga kaya akan polifenol dapat membantu memecah sulfur penyebab bau mulut.

Jeruk

Jeruk atau buah lainnya yang tinggi vitamin C juga dapat membantu mengurangi bau mulut secara alami. Ini karena vitamin C dapat menghancurkan bakteri penyebab bau mulut, sekaligus menjaga mulut tetap terhidrasi. Selain itu, vitamin C juga membantu produksi air liur, sehingga membantu menghilangkan bau mulut.

(Foto: healthyfoodhouse.com)

YesDok Ads