5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Vagina Bau

August 19, 2020 | Helmi

kopi

Terdapat sejumlah makanan yang dapat memengaruhi kesehatan vagina, dan ini bisa apa saja mulai dari menyebabkan infeksi jamur atau bahkan bau yang tidak diinginkan.

Jika Anda ingin menjaga kesehatan vagina Anda, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda mengubah gaya hidup Anda untuk memastikan semuanya berjalan lancar dengan sistem reproduksi Anda.

"Diet memengaruhi segalanya, dan vagina mengikuti aturan umum yang sama seperti bagian tubuh Anda lainnya," kata Dr. Angela Jones, M.D., FACOG. "Terlalu banyak gula - bukan hal yang baik. Terlalu banyak alkohol - bukan hal yang baik." Semuanya secukupnya.

Beberapa dari makanan ini, terutama yang hanya memengaruhi bau, masih sehat untuk Anda, yang berarti Anda tidak perlu menghentikan sepenuhnya.

Untuk menjaga kesehatan vagina Anda dalam kondisi prima, lima makanan ini dapat memengaruhi kesehatan vagina.

Alkohol

"Sementara kebanyakan dari kita menikmati satu atau dua minuman (atau tiga), ingatlah beberapa efek merugikan dari alkohol," kata Jones.

Tidak ada yang salah dengan minum-minum sesekali, tetapi penting untuk diingat bahwa apa pun yang lebih dari itu dapat berpotensi berbahaya.

Minum alkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan masalah dengan fungsi seksual dan masalah tidur.

Makanan Manis

"Makan banyak makanan tinggi gula dapat meningkatkan kemungkinan seorang wanita tertular infeksi jamur vagina," ujar Christine Greves, MD, OB / GYN.

Orang yang menderita diabetes karena masalah gula darah tinggi lebih rentan tertular infeksi jamur. Meskipun gula baik-baik saja sesekali, ingatlah untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak sehingga berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Bawang

Bawang tidak hanya menyebabkan bau mulut yang buruk. "Makanan apa pun yang dapat menyebabkan bau mulut dapat menyebabkan bau vagina," kata Dr. Nicole Scott, OB / GYN di IU Health.

Bawang adalah salah satu penyebab paling umum. Ketika Anda makan bawang, Anda mengeluarkan bau bawang dalam urin Anda. Ini serupa dengan yang terjadi saat Anda makan bawang putih. Meski makan bawang bombay tidak buruk bagi kesehatan Anda, mengonsumsi terlalu banyak bawang dapat berdampak negatif pada kesehatan vagina Anda.

Gorengan

Ini tidak berarti Anda harus berhenti menyantap berbagai makanan yang digoreng - tetapi jika Anda perhatikan itu menyebabkan bau vagina yang mengganggu Anda.

"Diet tinggi lemak dan makanan berlemak (apapun yang digoreng, banyak makanan olahan), dalam beberapa penelitian, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko vaginosis bakterial," ujar Sara Twogood, MD, FACOG.

Bakteri vaginosis adalah infeksi vagina yang paling umum dan biasanya ditunjukkan dengan gejala seperti cairan tipis, abu-abu, hijau, atau putih, bau amis pada vagina, gatal pada vagina, dan rasa terbakar saat buang air.

Kopi

Kopi adalah salah satu zat berbau menyengat yang dapat mengubah bau vagina Anda karena dapat mengubah bau cairan tubuh seperti keringat. Perubahan pada tubuh dan pH Anda ini bahkan dapat membuat Anda lebih rentan terkena infeksi jamur.

Kafein juga dapat memicu stres pada beberapa orang, yang juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Jika Anda sering minum kopi dan khawatir akan menurunkan pH vagina Anda, pastikan untuk menyeimbangkan minuman Anda dengan banyak air sepanjang hari. 

(Foto: freepik/dragonimages)

YesDok Ads