5 Langkah Bebas Stres di Kantor

October 27, 2019 | Iman

Stres dan rasa cemas adalah sangat normal terjadi di tempat kerja. Itu tergantung pada jumlah pekerjaan yang Anda miliki atau persaingandan tekanan yang hadir di lingkungan Anda sendiri.


Anda tidak dapat menghindarinya, tetapi Anda pasti bisa menghadapinya. Dilansir Times of India, berikut adalah 6 hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan semua stres di tempat kerja.


1. Buat Plan Harian

Sangat penting untuk memiliki rencana sejak awal. Sebelum Anda memulai pekerjaan Anda, Anda harus jelas pada hal-hal yang harus Anda capai. Rencana bukanlah solusi mutlak. Tapi di sinilah peran sebuah rencana. Buatlah rencana harian dari ketika baru bangun tidur misalnya. Ketika rencana Anda berjalan baik, tentu dapat menghemat waktu.


2. Buat Manajemen Waktu

Stres biasanya merupakan hasil dari pekerjaan yang tertunda. Mengelola waktu Anda adalah cara terbaik untuk menghindarinya. Luruskan prioritas Anda dan selesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu cepat sebisa mungkin. Cobalah untuk membiasakan diri menghindari menunda-nunda kerjaan agar kehidupan dan aktivitas lain tidak terganggu. Sebagai tips, dedikasikan waktu kantor Anda hanya untuk kantor Anda dan bukan yang lain.


3. Atur Jarak Antara Kolega dan Bos

YesDok Ads

Lingkungan merupakan faktor utama kesehatan mental Anda. Memiliki kedekatan dengan kolega hingga bos mungkin baik, namun bisa saja menjadi bumerang bagi Anda. Mereka bisa jadi teman cerita Anda di kantor, tapi juga bisa mempersulit Anda dengan segala keluhan-keluhannya. Hindari kedekatan antar rekan kerja, terutama pada jam kantor jika ingin pekerjaan Anda selesai tepat waktu.


4. Jangan Ragu Bertanya

Jika Anda seorang karyawan baru, jangan ragu untuk bertanya pada atasan bahkan senior di kantor terhadap pekerjaan. Jangan memendam kecemasan karena segan untuk bertanya seputar tugas, itu dapat berakibat tekanan yang mungkin terakumulasi dan menjadi bom waktu kemudian. Semua karyawan pasti pernah merasakan menjadi karyawan baru, jadi jangan sungkan untuk bertanya.


5.  Istirahat

Liburan adalah cara paling efektif untuk membuang rasa penat Anda setelah hari-hari melelahkan di kantor. Tidak ada salahnya ambil cuti kerja beberapa hari dan berliburlah bersama kerabat bahkan keluarga untuk mengisi daya dan suasana hati Anda untuk semangat kembali.

(Foto: huffpost)

YesDok Ads