0 Point
5 Kesalahan Paling Umum Saat Menyikat Gigi

5 Kesalahan Paling Umum Saat Menyikat Gigi

Menyikat gigi mungkin dianggap kegiatan yang mudah dilakukan. Namun tanpa disadari ada banyak kesalahan yang dilakukan saat menyikat gigi. Kesalahan paling umum saat menyikat gigi ini dapat menimbulkan masalah kesehatan pada gigi. 

Tanda-tanda Anda mengalami gangguan kesehatan diantaranya terdapat karang gigi yang semakin lama semakin menumpuk. Terjadinya peradangan gusi, gusi sensitif hingga bau mulut. Bahkan menurut Riset kesehatan Indonesia tahun 2018 mengatakan bahwa sekitar 57.6 persen masyarakat Indonesia mengalami masalah gigi dan mulut serta keluhan lainnya seperti gigi berlubang. Berikut ini deretan kesalahan paling umum saat menyikat gigi yang mesti dihindari:

Salah memilih sikat gigi

Kualitas dari sikat gigi seperti ukuran dan bulunya sangat penting bagi kesehatan gigi. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut karena lebih efektif untuk membersihkan gigi, membersihkan plak gigi dan kerusakan gigi daripada bulu yang keras. 

Tidak rutin mengganti sikat gigi

Sikat gigi harus rutin diganti setiap 3-4 bulan sekali meski kondisinya masih bagus. Semakin lama sikat gigi dipakai, maka dapat menurunkan kualitas bulu pada sikat. Sehingga jika masih tetap digunakan tidak efektif dalam membersihkan kotoran gigi. Bila kondisi sikat gigi bulunya sudah megar, kotor dan bengkok sebaiknya segera mengganti sikat.

Terlalu cepat menyikat gigi

Saat menyikat gigi tidak disarankan menggosoknya terlalu keras dan terlalu cepat atau terburu-buru. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi seperti rusaknya lapisan email gigi atau pelindung gigi. Anda dianjurkan menggosok gigi selama dua menit agar gigi benar-benar bersih.

Langsung menyikat gigi setelah makan

Anda memang dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi untuk mencegah berbagai macam penyakit. Namun, Anda tidak diperbolehkan langsung menyikat gigi setelah makan. Karena jika melakukannya maka asam dari sisa makanan akan membantu mengikis gigi saat menyikat gigi.

Menyikat gigi asal-asalan

Membersihkan gigi asal-asalan tidak akan maksimal membuang sisa-sisa makanan dalam mulut. Cara menyikat gigi yang dianjurkan adalah Gerakan memutar selama minimal 15 detik di setiap gigi. Dan melakukan gerakan vertikal agar kotoran di sela-sela gigi terangkat.

(Foto: healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok