5 Kebutuhan Vitamin yang Harus Anda Penuhi Selama Pandemi Corona

June 03, 2020 | Helmi

vitamin

Meski banyak orang sepertinya sudah tidak begitu peduli dengan virus corona, namun nyatanya virus berbahaya tersebut tetap ada di luar sana. Tentunya ini membuat Anda perlu menjaga diri agar tetap sehat.

Salah satu cara untuk tetap sehat dan menghindari terinfeksi oleh virus adalah dengan menambah asupan vitamin Anda. Ini biasanya diperoleh melalui pola makan seimbang kaya gizi, ditambah dengan olahraga serta dibantu dengan mengonsumsi multivitamin.

Menurut Ahli Gizi, Mira Ilic ada 5 vitamin yang seharusnya Anda konsumsi selama pandemi virus corona untuk menjaga tubuh Anda tetap prima:

Vitamin A

Vitamin A membantu dalam penglihatan Anda, serta kesehatan jantung, kulit, dan kekebalan tubuh. Vitamin A dengan kandungan beta-karoten ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan seperti wortel, ubi jalar, labu, bayam dan brokoli.

Vitamin ini juga mengandung retinol dan juga dapat ditemukan dalam sumber makanan seperti telur, susu, mentega, dan hati.

Vitamin B6

Vitamin B6 dikenal karena perannya dalam mengatur kualitas tidur, nafsu makan dan suasana hati. Ini memainkan peran penting dalam kemampuan kognitif dan fungsi kekebalan tubuh dan juga membantu dalam produksi sel darah merah.

Vitamin B6 diperoleh melalui daging, biji-bijian, sayuran dan kacang-kacangan. Tetapi juga ditemukan dalam kentang panggang, pisang, buncis dan makanan yang diperkaya lainnya.

Vitamin B12

Vitamin B12 membantu menjaga sel-sel saraf dan darah Anda tetap sehat sambil membantu produksi energi dan DNA tubuh Anda. Vitamin ini perlu diserap dengan baik agar Anda mendapatkan manfaatnya.

Perhatikan bahwa seiring bertambahnya usia, keberadaan asam lambung yang dibutuhkan untuk memecah protein dan melepaskan vitamin B12 dari makanan perlahan-lahan berkurang.

Asupan vitamin B12 bisa didapatkan melalui ikan, kerang, daging, telur, produk susu (seperti susu, keju, dan yogurt tanpa lemak) dan susu kedelai yang diperkaya.

Asam Folat

Folat umumnya mengacu pada berbagai bentuk vitamin B9. Salah satu dari delapan vitamin B, itu berperan dalam pembentukan dan fungsi sel darah merah. Asupan vitamin sangat penting bagi wanita untuk mencegah cacat lahir selama tiga minggu pertama kehamilan.

Vitamin D

Asupan vitamin D yang cukup penting bagi tubuh Anda untuk menyerap kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin ini telah dikaitkan dengan kanker dan penyakit jantung tertentu.

Tidak seperti vitamin yang lain, sumber utama vitamin D bukanlah makanan, tetapi matahari. Selain itu Anda juga bisa memperoleh manfaat vitamin D dari semisal jus jeruk, susu, sereal, ikan salmon atau ikan tuna.

(Foto: Freepik)

YesDok Ads