5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang

July 04, 2022 | Iman

Gigi berlubang

Sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dengan baik, karena gigi mempunyai peran dalam mengolah makanan yang masuk.

Namun, banyak dari kita yang tidak terlalu peduli makanan apa saja yang masuk sehingga malah merusak gigi. Ditambah dengan malasnya kita untuk sikat gigi.

Kebiasaan tersebut tentu harus kita rubah, demi kesehatan gigi. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus dihindari untuk kesehatan gigi dan mulut yang sehat.

1. Konsumsi tinggi gula

Mulut Anda mengandung sejumlah besar bakteri, dengan banyaknya konsumsi gula, itu akan menghasilkan asam berbahaya yang dapat merusak lapisan pelindung luar gigi Anda.

2. Mulut kering

Perlu diketahui, air liur adalah bagian penting dari kebersihan mulut yang baik karena dapat membantu mencuci dan membersihkan zat sisa dan lengket secara alami. Dengan mulut kering justru dapat membuat proses ini kurang efektif dan menyebabkan kerusakan gigi.

YesDok Ads

3. Kurangnya paparan fluoride

Elemen ini dapat membantu melindungi gigi dengan meningkatkan ketahanan terhadap asam dan pembusukan. Fluoride bisa Anda dapatkan dalam pasta gigi yang diperkaya kandungan ini.

4. Menggunakan gigi tidak sesuai fungsinya

Menggunakan gigi untuk membuka bungkus makanan ringan, atau menggunakannya untuk memecahkan barang dengan menggigitnya, dapat menyebabkan gigi rusak dan terkelupas, sehingga berisiko mengalami kerusakan.

5. Tidak teratur kontrol ke dokter gigi

Ini menjadi hal yang penting agar gigi Anda dapat terkontrol dengan baik. Oleh karena itu, pergi ke dokter gigi secara teratur penting untuk menyaring masalah yang dapat berkembang menjadi komplikasi parah seperti kerusakan gigi yang tidak dapat diperbaiki.

YesDok Ads